Sukses

Parenting

Apakah Normal Hamil Sesak Nafas? (I)

Mungkin ketika Anda hamil, Anda akan mencemaskan berbagai hal. Mulai dari rasa mual atau nausea hingga rasa sesak yang Anda rasakan. Dan mungkin juga Anda mulai bertanya-tanya apakah hamil sesak nafas adalah suatu hal yang normal?

Dilansir dari babycentre.co.uk, sesak nafas yang Anda alami adalah hal yang sangat wajar. Karena di salah satu masa kehamilan, baik di awal, tengah, maupun akhir masa kehamilan, wanita pasti akan merasakan sesak nafas .

Membawa bayi kemana-mana di perut Anda membuat tubuh Anda harus melakukan beberapa penyesuaian. Di masa awal kehamilan, area di sekitar tulang rusuk Anda akan melebar. Tulang rusuk Anda juga akan terangkat sehingga memberikan kapasitas paru-paru yang lebih besar dan membuat Anda harus menarik nafas lebih dalam untuk bernafas.

Hal lain yang juga membuat Anda sesak nafas adalah hormon progesterone kehamilan. Hormon ini menuntut aliran darah untuk menyerap oksigen melalui paru-paru. Dampaknya, Anda akan menjadi lebih sering mengeluarkan karbondioksida.

Kemudian, di akhir masa kehamilan, Anda juga akan mengalami lagi sesak nafas. Jika Anda belum mengalami sesak nafas di masa awal kehamilan, Anda akan mengalaminya di sini. Hal ini disebabkan pertumbuhan ukuran bayi yang semakin besar sehingga rahim Anda mendesak otot diafragma, yang kemudian juga akan mendesak paru-paru Anda.

Untuk jawaban selanjutnya, simak artikel mengenai Apakah Normal Hamil Sesak Nafas II juga ya!

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading