Sukses

Parenting

Hamil Sesak Nafas - Apakah Normal Hamil Sesak Nafas? (II)

Hamil sesak nafas dapat dikategorikan normal bagi beberapa perempuan. Di masa kehamilan, perempuan memang membutuhkan oksigen yang lebih banyak guna menyesuaikan diri dengan perubahan di beberapa bagian tubuhnya .

Dilansir dari babycenter.com, sesak nafas ketika hamil bisa menjadi indikasi masalah yang serius bagi perempuan yang memang mempunyai masalah dengan saluran pernafasannya. Perempuan yang menderita penyakit asma atau radang paru-paru harus waspada selama masa kehamilan.

Ketika sesak nafas menjadi semakin parah atau terjadi secara tiba-tiba, perempuan hamil yang menderita asma ataupun radang paru-paru harus sesegera mungkin meminta pertolongan dokter. Hal ini dikarenakan mereka sangat rentan akan terkena penggumpalan darah di paru-paru.

Gejala lain yang harus diperhatikan oleh perempuan hamil yang menderita asma atau radang paru-paru adalah detak jantung dan nadi yang semakin cepat, rasa sakit di dada ketika bernafas, merasa mulai kehilangan kesadaran akibat kekurangan oksigen, dan mengeluarkan darah ketika batuk.

Namun jangan terlalu khawatir. Sesak nafas yang Anda alami tidak akan mempengaruhi asupan oksigen bayi Anda di dalam kandungan. Bayi Anda akan masih mendapatkan asupan oksigen yang cukup melalui ari-ari.

Bagi perempuan hamil yang menderita asma atau radang paru-paru harus lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Walaupun nampaknya mampu melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal, lebih baik jangan memaksakan diri. Hal ini perlu diperhatikan karena jika terlalu memaksakan diri, ini akan membahayakan nyawa sang ibu.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading