Sukses

Parenting

Puncak Hamil Sesak Nafas Ada di Sini (Bagian 1)

Ladies, saat hamil, kapan kah Anda mengalami sesak nafas? Hamil sesak nafas ada yang bahaya ada yang aman-aman saja. Salah satu yang nyaman pun memiliki periode puncaknya. Meski terkadang cukup menyakitkan, tp semua tetap aman.

Kapan sebenarnya puncak sesak nafas pada masa kehamilan? Laman parents.com menyampaikan bahwa puncak rasa sesak nafas adalah pada trimester ketiga. Pada saat-saat ini, rasa sesak nafas semakin parah dan tidak seperti sebelum-sebelumnya.

Mengapa bisa demikian? Pada masa ini, bayi akan tumbuh semakin besar dan paling besar sepanjang masa kehamilan. Pada saat ini, tentu tumbuh kembang janin memerlukan ruangan yang cukup untuk jadi lebih besar.

Oleh karena itu organ-organ disekitar harus “mengalah” dan perlahan bergeser ke samping untuk memberi ruang janin yang semakin membesar menjelang kelahiran. Oleh karena itu paru-paru yang sedikit “tertekan” mulai berkurang kapasitas maksimalnya.

Bahkan, Ladies, diafragma yang membatasi rongga dada dan perut juga tak bisa memberi akomodasi maksimum pada paru-paru karena juga tertekan rahim yang terus naik. Lalu, bagaimana adaptasi tubuh menghadapi kondisi ini?

Hormon, Ladies, yang mengambil alih kendali. Adalah hormon kehamilan atau progesteron yang memodifikasi cara tubuh memasukkan oksigen ke dalam tubuh. Namun, bagaimana teknis detailnya? Simak pada artikel berikutnya. Stay tuned, Ladies!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading