Sukses

Parenting

Mau Melahirkan Normal? Melahirkan di Bidan Solusinya

Takut melahirkan di bidan? Khawatir dengan keselamatan ibu dan bayi? Ladies, kalau masih ragu untuk memutuskan melahirkan di bidan, ulasan berikut mungkin bisa membantu.

Yup, memang akhir-akhir ini lebih banyak yang memilih untuk melahirkan di rumah sakit dengan alasan fasilitas yang memadai dan keamanan yang terjamin. Lalu, bagaimana dengan bidan? Apakah itu berarti melahirkan di bidan tidak terjamin keamanannya?

Melansir ulang dari dailymail.co.uk, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang proses persalinannya dibantu oleh bidan akan cenderung menjalani proses yang normal tanpa harus menjalani treatment medis khusus.

Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa 13 persen dari ibu hamil yang ditangani oleh bidan tidak membutuhkan epidural untuk mengurangi rasa sakit, dan 16 persen diantaranya tidak perlu menjalani episiotomi.

Wah, apa sih episiotomi ini? Yup, episiotomi adalah pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus. Tujuannya yang pasti untuk melebarkan jalan lahir.


Selain tidak perlu menggunakan epidural dan menempuh episiotomi, kebanyakan proses persalinan yang dibantu oleh bidan berlangsung normal, tanpa menemui banyak kendala. Walaupun memang, Ladies akan menjalani proses persalinan ini 30 menit lebih lama daripada umumnya.

Wah, fakta yang menarik ya. Banyak hal yang mungkin tidak kita ketahui tentang proses melahirkan di bidan ini.

Ternyata, dengan melahirkan di bidan, kesehatan ibu dan bayi pun juga terjamin kok, jadi gak perlu khawatir nih, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading