Sukses

Parenting

Hati-Hati, Pasca Operasi Caesar Emosi Tidak Stabil!

Sakit yang dirasakan setelah menjalani operasi sesar seringkali mengakibatkan trauma kepada kaum ibu. Terlebih lagi, banyak wanita yang tidak ingin lagi mengandung mengingat sakit yang dideritanya pasca operasi.

Padahal, ada banyak cara yang bisa bunda lakukan agar bunda merasa nyaman setelah menjalani operasi. Dilansir dari nlm.nih.gov, cara di bawah ini dapat membantu emosi bunda menjadi lebih stabil dan menghindari trauma setelah operasi.

• Berikan waktu khusus untuk berinteraksi dengan bayi anda setiap harinya. Ikatan kuat antara ibu dan anak memberikan efek nyaman terhadap keduanya.

• Hubungi ahlinya. Jika bunda mengalami kesusahan untuk menyusui setelah operasi, menghubungi konsultan laktasi adalah langkah yang tepat untuk meminta bantuan.

• Bersabarlah. Mengertilah bahwa bunda memerlukan waktu untuk mengatur emosi setelah proses persalinan.

• Diskusikan pengalaman yang tidak diharapkan ketika persalinan berlangsung dengan orang-orang terdekat bunda. Ini akan membantu bunda menghilangkan pikiran negatif terhadap kehamilan dan persalinan.

• Bertanyalah atau mintalah informasi kepada ahli atau pihak medis tentang pengalaman kehamilan bunda. Hal ini akan mencegah bunda dari rasa trauma terhadap kehamilan.

Intinya nih bunda, jangan pernah takut untuk meminta bantuan siapa saja ketika bunda merasa kesulitan maupun kesakitan. Jangan pernah merasa sendiri! Bantuan dan dukungan orang-orang sekitar sangat membantu bunda menghadapi proses pasca persalinan.

Sumber:

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading