Sukses

Parenting

Pasca Operasi Caesar, Sebaiknya Hindari Ini

Perhatian bagi bunda yang sedang mengalami proses pasca operasi caesar, bahkan pertama kalinya melahirkan secara caesar. Banyak hal yang harus diperhatikan lho Bunda. Tidak semua kegiatan dapat bunda lakukan setelah melahirkan secara caesar. Ada hal-hal yang harus Bunda hindari ketika Bunda sedang dalam proses perawatan. Menurut laman americanpregnancy.org, berikut ini adalah hal-hal yang harus bunda hindari:

• Tunda keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan. Hal ini biasanya berlangsung selama 4-6 minggu setelah melahirkan. Diperbolehkan hanya jika dokter sudah memberikan lampu hijau kepada Bunda.
• Tidak boleh mandi terkecuali luka jahitan sudah membaik dan tidak lagi pendarahan. Biarkan luka jahitan mengering dan Bunda dapat mandi seperti biasa setelahnya.
• Jangan menggunakan gayung ketika mandi. Hal ini akan memperburuk kondisi luka jahitan Bunda jika dipaksakan. Bunda dapat menggunakan shower untuk mandi.
• Jangan mengangkat beban apapun yang beratnya melebihi berat bayi. Jika bunda memaksakan untuk membawa beban berat, pendarahan bisa terjadi dan memperparah sakit pada luka jahitan di perut.
• Berbahaya jika naik-turun tangga dilakukan secara rutin. Akan lebih baik jika Bunda tidak menggunakan tangga sama sekali dan meminta tolong orang lain jika ada keperluan.
• Ada saatnya olahraga itu dilarang lho Bunda. Tahan dulu keinginan Bunda untuk menurunkan berat badan. Satu-satunya olahraga yang diperbolehkan yaitu berjalan santai setiap harinya.

Tidak tahu sampai berapa lama bunda harus tersiksa untuk tidak melakukan kegiatan di atas? Segeralah berkonsultasi ke dokter agar tahu kondisi perkembangan Bunda dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading