Sukses

Parenting

Bolehkah Menyusui Sesaat Pasca Operasi Caesar?

Setiap ibu pasti mempunyai keinginan untuk menyusui anaknya setelah melahirkan. Banyak yang beranggapan bahwa proses melahirkan secara caesar akan mempersulit ibu untuk menyusui, berbeda dengan persalinan secara yang normal memberikan kemudahan bagi ibu untuk menyusui anaknya langsung sesaat setelah melahirkan sedangkan persalinan melalui operasi caesar. Hal ini disebabkan oleh luka jahitan yang menghalangi ibu untuk bebas bergerak menyusui bayinya.

Namun pada kenyataannya, tidak ada alasan yang akurat yang menghambat proses menyusui ibu kepada anaknya yang dikarenakan oleh pemulihan pasca operasi. Dilansir dari babycenter.com, ibu dapat menyusui sesaat setelah menjalani operasi. Perawat rumah sakit biasanya bersedia membantu ibu menunjukkan bagaimana cara memegang bayi agar tidak membahayakan bagi perut yang baru dijahit. Hal yang sangat dihindari adalah adanya tekanan pada luka jahitan operasi yang dapat menyebabkan luka atau berdarah.

Memang pada dasarnya menyusui setelah menjalani operasi mempunyai resiko tersendiri. Kehadiran pihak medis maupun ahli sangat diperlukan dalam proses menyusui ibu kepada bayi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda menghubungi dan berkonsultasi kepada konsultan laktasi secepat mungkin untuk membantu anda menempatkan bayi senyaman mungkin. Hal ini berfungsi agar anda tidak merasakan nyeri pada puting susu anda. Jika rumah sakit tidak menyediakan laktasi konsultan, anda dapat meminta perawat yang ahli dalam bidang laktasi.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading