Sukses

Parenting

Hal-Hal Kecil ini Sangat Membantu Penyembuhan Pasca Operasi Caesar

Bagi yang menjalani proses kelahiran melalui operasi caesar, mungkin akan merasakan sedikit tersiksa karena efek sakit dari luka jahitan setelah operasi. Tapi tak perlu khawatir, ada banyak hal-hal sederhana yang bisa bunda lakukan untuk menyembuhkan atau mungkin sekedar mengurangi rasa sakit.

Dilansir dari MayoClinic.com, kegiatan ini sangat simpel dilakukan namun dapat membantu proses penyembuhan pasca operasi caesar:

Cepatlah beristirahat ketika bunda sudah merasa kelelahan. Tidur yang cukup dapat membuat bunda merasa lebih nyaman.

Cobalah untuk menjadwalkan berjalan kaki tiap harinya. Kegiatan ini sangat bagus lho bunda untuk melancarkan peredaran darah jika dilakukan secara rutin.

Perhatikan daerah perut. Berhati-hatilah ketika bunda bersiap untuk berdiri dan berjalan.

Ketika bunda batuk atau mengambil nafas yang dalam, jangan lupa untuk memegang perut atau menaruh bantal di atas luka bekas jahitan. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi sakit pada perut.

Perbanyak minum air putih dan cairan lainnya dapat mempercepat penyembuhan juga bunda. Air berfungsi untuk menggantikan cairan yang hilang selama melahirkan dan menyusui.

Jangan lupa untuk minum obat. Tentunya bunda akan diberi obat-obatan oleh dokter setelah melakukan operasi caesar. Obat-obatan tersebut sebagian besar berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Yang paling penting nih bunda, minumlah obat yang tidak berpengaruh terhadap proses menyusui bunda.

Berikan waktu bunda untuk bersantai dengan suami. Jangan dianggap remeh lho bunda, karena bunda tidak akan diperbolehkan berhubungan intim dalam beberapa jangka waktu pasca melahirkan. Oleh karena itu, penting bagi bunda untuk sekedar mengobrol santai bersama suami sebagai hiburan dan pembangkit mood.

Nah, bagaimana bunda, simpel sekali kan kegiatan yang harus bunda lakukan?

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading