Sukses

Parenting

Perawatan Medis Pasca Operasi Caesar

Banyak dari kita yang menginginkan melahirkan secara normal. Namun, apa daya ketika pihak dokter memutuskan untuk mengambil jalan operasi. Memang pada kenyataannya rasa sakit yang dihasilkan setelah melahirkan secara normal tidak sebanding dengan rasa sakit pasca operasi. Namun jangan terlalu khawatir, karena pihak rumah sakit pastinya akan berusaha sebaik mungkin untuk memberikan perlakuan yang baik kepada ladies setelah selesai menjalani operasi.

Berikut ini adalah perawatan yang diberikan oleh pihak medis dalam proses pemulihan pasca operasi yang dilansir dari americanpregnancy.org:
• Dokter akan meminta ladies untuk bangun dan ke kamar mandi dalam waktu 24 jam pasca operasi. Ini bertujuan agar ladies terbiasa bergerak selama ada luka jahitan di perut. Bergeraklah secara perlahan, karena ladies mungkin akan merasa pusing dan susah bernafas setelah operasi.
• Mungkin ladies akan merasakan sedikit sakit ketika buang air kecil setelah pipa dilepas. Di rumah sakit, perawat akan disediakan untuk membantu.
• Dokter biasanya akan menyerahkan keputusan sepenuhnya terkait obat-obatan. Jika memang obat diperlukan, ladies dapat meminta resep dan informasi tentang obat tersebut beserta efeknya terhadap ibu dan bayi (jika menyusui). Jika tidak, bicarakan kepada dokter alternatif lain yang aman bagi ibu dan bayi.
• Pasca operasi, rahim akan mengalami pendarahan karena pengecilan rahim ke bentuk awalnya. Tentunya pihak rumah sakit sudah seharusnya menyediakan pembalut untuk menangani masalah ini.
• Dokter biasanya akan meminta ladies untuk berjalan-jalan di sekitar setelah operasi. Hal tersebut baik dilakukan untuk mempercepat pemulihan kesehatan setelah menjalani operasi.

Yang paling penting nih, percayakan kepada dokter pilihan ladies, dan jangan sungkan bertanya serta meminta bantuan jika terjadi apa-apa.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading