Sukses

Parenting

Gejala Ini Bisa Saja Lebih Serius dari Sekedar Tanda Awal Kehamilan

Banyak gejala yang akan menghampiri Anda sebagai tanda awal kehamilan. Mulai dari perubahan-perubahan fisik di sekitar tubuh, seringnya mual dan muntah atau yang lebih akrab dikenal sebagai “morning sickness”, hingga gangguan pernafasan berupa sesak nafas.

Nah Bunda, gejala yang terakhir tadi patut diwaspadai lho. Mungkin sebagian dari Bunda ada yang tidak pernah mengalami gejala tersebut atau mungkin malah sering merasa sakit ketika bernafas di awal kehamilannya.

Menurut laman webmd.com, wajar saja jika sebagian dari Bunda mengalami sesak nafas di awal masa kehamilan dan juga selama masa kehamilannya. Hal ini disebabkan karena Bunda memerlukan banyak oksigen lebih dari biasanya untuk perkembangan embrio yang ada di dalam perut Bunda. Semakin berkembang embrio, semakin banyak oksigen yang diperlukan.

Akan tetapi, tetap jangan anggap remeh sesak nafas yang Bunda alami jika gejala sudah mulai membahayakan. Jika Bunda mengalami sesak nafas ketika berolahraga, itu merupakan hal yang biasa. Namun, jika Bunda merasa sesak nafas tiba-tiba walaupun Bunda tidak dalam keadaan berolahraga, Bunda patut waspada.

Selanjutnya, ketika Bunda bernafas, Bunda merasakan sakit yang tidak biasa dan amat sangat menyiksa. Ditambah lagi ketika Bunda mencoba untuk berbaring, sesak nafas malah semakin parah.

Nah, jika Bunda sudah merasakan gejala tersebut, lebih baik secepatnya hubungi dokter. Gejala tersebut bisa saja lebih serius dari sekedar tanda awal kehamilan biasa.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading