Sukses

Parenting

Myom Berbahaya Untuk Ibu Hamil?

Ladies, myom merupakan penyakit yang menyerang kebanyakan wanita. Menurut penelitian, sekitar 50-80% wanita mengidap myom. Ibu hamil pun tak luput dari myom.

Benarkah myom berbahaya untuk ibu hamil? Simak informasi yang dilansir situs health.howstuffworks.com berikut ini.

Myom tumbuh di daerah rahim. Sudah pasti, ibu hamil yang mengetahui bahwa dirinya mengidap myom khawatir akan keadaan janinnya. Tidak perlu khawatir dulu, Ladies. Tidak selalu myom mempengaruhi kehamilan.

Ketika Anda didiagnosis bahwa Anda mengidap myom, tanyakan kepada dokter apakah ukuran atau posisi myom tersebut dapat mengganggu kehamilan Anda. Tumor ini belum tentu membahayakan bayi di dalam perut ibu.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, peluang keguguran atau kelahiran prematur masih tetap ada. Terdapat 10-30% wanita mengalami komplikasi kehamilan yang disebabkan rasa sakit di perut akibat myom.

Myom saat hamil mungkin berpengaruh terhadap proses kelahiran bayi nantinya. Posisi bayi dapat menjadi tidak normal. Selain itu, myom yang letaknya di dekat leher rahim dapat menghalangi jalannya bayi untuk keluar. Pada akhirnya, ibu hamil harus melakukan proses persalinan dengan cara operasi caesar.

Untuk wanita yang mengidap myom saat hamil akan disarankan oleh dokter untuk banyak beristirahat. Terkadang pengobatan juga diperlukan tergantung kondisi myom pada tubuh pasien. Seringlah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui perkembangan myom di perut Anda.

Nah, Ladies. Itulah beberapa informasi yang mungkin dapat membantu rasa ingin tahu Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Oleh: Rani R. Wati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading