Sukses

Parenting

Efek Samping KB – Pro atau Kontra Pemakainnya .

Untuk mereka yang berencana untuk memiliki keluarga, program KB atau keluarga berencana akan menjadi sebuah pilihan untuk mengendalikan jumlah anak dan juga seberapa jauh usia di antara setiap buah hatinya. Tapi hati-hati dengan efek samping KB ya, Moms.

Program KB tidak lagi perlu diragukan manfaatnya. Namun, perlukah kita melakukannya dengan resiko yang dimiliki dari program tersebut? Ada banyak resiko efek samping yang bisa terjadi pada wanita yang menjalankan program KB. Beberapa diantaranya adalah pusing, mood swing, sembelit, nafsu makan hilang, dan masih banyak lagi lho, Moms.

Lalu, bila sudah begitu perlukah kita menggunakan KB? Jawabanya kembali ke kebutuhan masing-masing. Faktanya, menurut floliving.com, tidak semua wanita mengalami efek samping dari program KB lho.

Ada golongan wanita yang memiliki resiko rendah untuk mengalami efek negatif dari KB. Wanita-wanita ini tidak akan merasakan efek samping dari program KB atau bila mengalaminya, tidak akan hingga terlalu parah

Lalu bagaimana dengan yang memiliki resiko tinggi? Memanipulasi produksi hormon dalam tubuh untuk menghindari kehamilan adalah proses yang beresiko, Moms. Namun, bila memang itulah yang perlu anda lakukan, kenapa tidak?

Selama pemakaian dari obat-obat KB itu terkontrol dan mendapat pengawasan dari dokter, anda bisa menjaga diri anda dari kemungkinan buruk efek samping produk KB yang anda gunakan.

Oleh : Mamor Adi P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading