Sukses

Parenting

Beberapa Efek Samping KB

Pernahkah anda mendengar tentang program pemerintah yang disebut dengan Keluarga Berencana atau biasa dikenal dengan KB, Ladies? Program ini telah dibuat dan dipopulerkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu. Membatasi kelahiran dalam satu keluarga menjadi 2 anak saja merupakan tujuan utama dari program ini. Namun, tanpa diduga, beberapa efek samping KB muncul ke permukaan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Efek samping ini lebih tepatnya bukan berasal dari program KB itu sendiri, melainkan berasal dari alat-alat KB yang telah dibuat dan dikembangkan dalam kurun beberapa tahun terakhir ini. Efek samping ini bisanya terjadi dikarenakan hormon yang berada di dalam tubuh anda tidak bekerja sama dengan baik dengan hormon yang dibawa oleh alat-alat KB tersebut.

Salah satu alat KB yang memiliki efek samping adalah pil KB. Beberapa efek samping KB yang dibawa oleh pil KB ini, seperti yang dikemukakan dalam laman online science.howstuffworks.com, adalah rasa sakit dan luka pada payudara anda serta timbulnya jerawat yang jauh lebih parah daripada jerawat anda yang biasanya. Munculnya 2 efek samping pil KB ini bisa juga disebabkan oleh tidak cocoknya kinerja beberapa bagian tubuh anda dengan zat yang ada di dalam pil KB tersebut.

Jika kedua hal ini muncul dalam diri anda dan anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, anda bisa segera menghubungi dokter anda, Ladies. Dengan begitu, penanganan yang perlu diberikan bisa anda dapatkan secepat mungkin.

Oleh : Meilia Hardianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading