Sukses

Parenting

Di Minggu Kedua Kehamilan, Sudahkah Merasakan Ngidam?

Ngidam? Gak asing lagi ya, Ladies pastinya. Banyak suami yang harus jungkir balik memenuhi permintaan si istri yang sedang ngidam ini. Namun, apakah ini akan terjadi di minggu kedua kehamilan?

Mangga muda. Es krim. Apel Merah. Anggur. Bubur ayam. Makanan yang bisa jadi tidak Ladies minati ketika sebelum hamil ini bisa jadi terlihat sangat lezat ya ketika hamil.

Walaupun begitu, ada juga lho ibu hamil yang tidak mengalami ngidam ini. Mereka mengaku memiliki nafsu makan yang sama seperti biasanya. Juga tak ada perubahan dengan menu makanan hariannya.

Ini tentu tidak terjadi di minggu kedua kehamilan dimana embrio baru saja terbentuk ya. Bahkan mungkin setelah beberapa bulan kehamilan baru terasa.

Nah , sebenarnya kenapa sih kita merasakan ngidam? Atau ini hanya sugesti yang dirasakan ibu hamil saja?

Andrei Rebarber, seorang direktur di NYU Medical Center di New York, melalui webmd.com menyatakan kalau sebenarnya penyebab ngidam ini belum secara pasti diketahui.

Namun, ada satu teori yang menyatakan kalau sebenarnya makanan yang diinginkan saat ngidam ini mewakili nutrisi-nutrisi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Jadi, ngidam ini adalah cara tubuh meminta apa yang kurang di dalam tubuh.

Seperti ketika misalnya Ladies ngidam acar, ini kemungkinan tubuh Ladies sedang meminta lebih banyak asupan sodium. Atau ketika ngidam burger, mungkin tubuh Ladies sedang meminta asupan protein, sodium, dan potassium yang lebih. Pernah mengalami ngidam es krim? Nah, mungkin saat itu Ladies sedang kekurangan kalsium atau lemak.

Jadi, sebenarnya, bukan semata-semata karena Ladies menginginkan makanan itu ya. Namun, karena tubuh Ladies sedang membutuhkan zat-zat yang ada di dalamnya. Dan Ladies hanya berusaha menerjemahkannya menjadi makanan tertentu.

Nah, semoga menambah pengetahuan kita ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading