Sukses

Parenting

Manfaat yang Dapat Bunda Rasakan Apabila Bayi Menyusui (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas tiga manfaat yang dapat Bunda rasakan apabila bayi menyusui. Berikut ini manfaat-manfaat yang lain:

- Mengurangi osteoporosis

Seperti dilansir dari laman askdrsears.com, wanita yang tidak memberi ASI memiliki kemungkinan terkena osteoporosis 4 kali lebih besar dibandingkan wanita yang memberi ASI. Selain itu, wanita yang tidak memberi ASI juga berisiko lebih besar mengalami patah tulang pinggul ketika memasuki usia-usia pasca menopause.

- Meningkatkan kesehatan emosional

Memberi ASI pada bayi selain bermanfaat bagi tubuh Bunda, juga bermanfaat bagi pikiran Bunda. Studi menunjukkan bahwa wanita yang memberi ASI pada bayinya akan lebih jarang mengalami depresi dan kecemasan di periode pospartum dibandingkan wanita yang tidak memberi ASI.

- Mengurangi berat badan tubuh selama periode pospartum

Periode pospartum adalah periode selama awal kelahiran bayi hingga 6 minggu berikutnya. Wanita yang memberi ASI pada bayi menunjukkan penurunan lingkar pinggul dan penurunan berat badan yang sangat signifikan selama masa pospartum dibandingkan dengan wanita yang tidak memberi ASI. Wanita yang memberi ASI akan cenderung kembali ke berat badannya sebelum masa-masa kehamilan.

- Memberi ASI jauh lebih murah dibandingkan memberi susu formula

Di Amerika Serikat, seorang wanita yang memilih memberi susu formula pada bayinya setiap tahun menghabiskan uang rata-rata sebesar $1,200 (sekitar Rp 14,6 juta). Sedangkan wanita yang memberi ASI pada bayi setiap tahun menghabiskan uang rata-rata sebesar $400 (sekitar Rp 4,8 juta). $400 itu sudah termasuk biaya untuk konsumsi makanan sehat wanita tersebut.


Masih ada manfaat-manfaat yang lain Bun, jadi simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading