Sukses

Parenting

Dapatkah Saya Hamil Menyusui? (1)

Apakah Anda orang tua yang menginginkan usia anak Anda yang berjarak dekat, seperti kurang dari 1 tahun? Untuk itu, Anda pun mungkin telah memahami dan sanggup untuk melewati masa yang kata orang ‘berat’ dalam hamil menyusui.

Namun Bunda, Anda perlu mengetahui tentang teori secara medis yang mengatakan bahwa Anda tidak bisa hamil ketika masih menyusui, terutama ketika Anda menyusui secara eksklusif. Lalu, bagaimana? Masih mungkinkah hamil ketika masih menyusui?

Laman naturalfertilityandwellness.com telah membagikan tips bagi Anda yang memang benar-benar ingin hamil saat masih menyusui. Pertama, tenang dulu sebab tidak semua teori terbukti benar pada masing-masing ibu.

Yang perlu Anda lakukan adalah bersabar dan menunggu hingga bayi Anda cukup siap untuk dikurangi jadwal minum ASI-nya. Utamanya, Anda bisa menandainya ketika bayi Anda sudah secara rutin tidur semalaman dengan nyenyak. Terbukti pula banyak wanita yang bisa hamil ketika jadwal menyusuinya antara 2-4 kali sehari.

Selanjutnya, penting untuk mengetahui temperatur dasar tubuh Anda (BBT), posisi, tekstur, serta cairan serviks. Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan munculnya tanda-tanda seperti mual atau nyeri pada perut (kram).

Ketika Anda telah mengetahui hal-hal di atas, Anda berarti telah mengetahui kondisi tubuh Anda sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Mulai merencanakan untuk hamil lagi, Bunda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading