Sukses

Parenting

Pertahankan Masa Tulang saat Hamil Menyusui (1)

Hamil menyusui telah Anda pilih, Bunda. Great decision! Sebab Anda telah memilih untuk melakukan hal hebat yang mungkin tidak dilakukan oleh ibu yang lainnya. Nah, jika Anda adalah ibu tersebut, simak baik-baik info berikut ini.

Bunda, seperti yang telah dilansir oleh laman niams.nih.gov bahwa masa tulang seorang ibu yang sedang hamil atau ibu yang sedang dalam masa menyusui sangat rentan untuk kehilangan masa tulangnya. Terlebih lagi jika keduanya dijalani.

Mengapa bisa terjadi? Sebab buah hatinya, baik yang sedang dalam kandungan atau yang disusui membutuhkan kalsium yang banyak.

Laman tersebut menyebutkan, aktivitas menyusui dapat mengurangi produksi estrogen, yakni sebuah hormon yang bertugas dalam melindungi tulang. Sedang dalam masa kehamilan, masa tulang hilang sebab kalsium yang ada di tubuh tidak mencukupi kebutuhan tubuh ibu dan bayi yang dikandungnya.

Lalu, bagaimana? Jawabannya adalah Anda butuh untuk mengonsumsi suplemen penambah atau penunjang kalsium di tubuh untuk memenuhi kebutuhan semuanya. Silahkan konsultasi dengan dokter untuk menentukan suplemen apa yang akan Anda konsumsi.

Bagi Anda yang sedang hamil sambil menyusui, sebaiknya juga memenuhi kebutuhan kalsium dari makanan seperti susu, yogurt, keju, sayuran berwarna hijau tua, tahu, almond, ikan yang bertulan seperti salmon serta jus buah. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga masa tulang Anda sehingga terhindar dari osteoporosis.

Tapi ada kabar baiknya juga loh, Moms. Masa tulang Anda akan pulih atau kembali dalam sekitar 6 bulan setelah menyusui. Anda akan baik-baik saja asalkan tetap menjaga kesehatan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading