Sukses

Parenting

Haruskah Melakukan USG Kehamilan di Trimester Kedua?

Ladies, harus atau tidaknya untuk melakukan USG kehamilan itu adalah sepenuhnya hak Ladies, jika memang Ladies tidak memerlukannya ya boleh saja Ladies tidak USG. Namun, yang perlu Ladies tahu tujuan USG adalah untuk mengetahui kehamilan yang abnormal, yang mungkin saja terjadi.

Di usia kehamilan yang memasuki trimester kedua ini, Ladies biasanya akan ditawari USG kehamilan oleh dokter Ladies, gunanya adalah untuk mengecek perkembangan si buah hati dan rahim Ladies. Di USG ini, memang difokuskan pada dua hal tersebut.

Jika seandainya Ladies belum pernah melakukan USG sebelumnya, dokter akan mengecek apakah Ladies memilki bayi kembar atau tidak dan juga akan menghitung hari kelahiran si buah hati.

Setelah itu sonografer akan fokus pada bayi ladies,yaitu dengan melihat detak jantungnya dan pekembangan anatomi tubuh, seperti pada bagian wajah dan tangan secara detail.

Apakah Ladies bisa melihat si buah hati di USG ini?

Seperti yang dilansir dari laman babycenter.ca, Ladies akan sedikit kesulitan untuk melihat si buah hati, selain gambar yang dihasilkan oleh USG ini berwarna buram, ahli sonografer akan melihatnya dari sisi yang berlawanan.

Misalnya, tulang-tulang mungil ini akan terlihat berwarna putih di layar, dan air ketuban Ladies berwarna hitam. Untuk mengetahui hasilnya, mungkin saja hanya dokter Ladies yang bisa menginterpretasikannya.

Jika USG ini bertujuan untuk melihat perkembangan si buah hati, tidak ada salahnya juga kan Ladies untuk melakukannya??

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading