Menu Singkong Untuk Snack Ibu Hamil Minggu ke 22

Kamis, 26 Desember 2013 10:10

Trimester II: Gizi dan Nutrisi Pada Minggu ke 22



(c) shutterstock

Vemale.com - Sepertinya sudah lazim bagi ibu hamil di usia ke-22 minggu cenderung suka ngemil aneka makanan sebagai tambahan asupan nutrisi selain menu pokok harian.

Hal ini juga wajar mengingat kebutuhan konsumsi makanan sehat ibu hamil cukup besar karena mudah lapar. Dan seperti dilansir dari laman bidanku.com, ada baiknya jika camilan yang dikonsumsi tidak hanya enak tapi juga sehat dan bermanfaat untuk tubuh.

Oleh sebab itu, sebagai alternatif menu sehat tersebut Moms bisa mencoba resep Singkong Goreng Saus Steak lansiran dari laman makanansehat.web.id untuk camilan Anda.

Bahan yang Moms perlukan adalah 750 gram singkong yang dikupas dan dipotong setebal kira-kira 10 cm, 3 siung bawang putih yang sudah dimemarkan, 1½ sendok teh garam dan minyak goreng secukupnya.

Untuk sausnya, Moms perlu 100 gram daging ayam atau daging sapi cincang, 50 gram sayuran beku, 2 siung bawang putih yang dicincang, 1 buah bawang bombay ukuran kecil juga telah dicincang, 5 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan kecap manis, merica bubuk dan pala bubuk masing-masing ½ sendok teh, gula pasir dan garam masing-masing 1 sendok teh, 1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air dan 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat sederhana saja. Untuk sausnya, panaskan minyak dan tumis bawang putih serta bombay sampai harum. Masukkan daging cincang dan masak hingga airnya berkurang atau agak kering. Kemudian, masukkan sayuran beku dan bubuhkan sedikit air. Masukkan pula saus tomat, kecap, merica, pala, gula dan garam, biarkan sampai mendidih. Setelah itu, kentalkan dengan larutan maizena dan angkat.

Setelah itu, rebus singkong bersama bawang putih dan garam sampai empuk lalu angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, potong-potong sebesar telunjuk. Kemudian, panaskan minyak dan goreng singkong rebus hingga kecokelatan lalu angkat dan tiriskan.

Nah, jadi deh. Susun singkong dalam piring, siram dengan saus steak. Sajikan dengan sayuran rebus. Hhmmm, enaknya!

Menu singkong ini dapat menjadi pilihan snack lezat dan sehat bagi Anda Moms. Seperti dilansir dari laman forum.kompas.com, singkong kaya akan zat besi yang penting untuk membentuk sel darah merah ibu dan janin, mencegah anemia, memelihara kehamilan agar kuat sewaktu bersalin dan membangun sistem enzim pada ASI.

Wah, sudah rasanya enak, banyak manfaat, mudah dibuat lagi. Boleh dong, bagi-bagi singkong saus steaknya. Terima kasih ya Moms!


Oleh : Maulisa

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.