Sukses

Parenting

Janin di Minggu 'Due Date'

Selamat, Moms! Kini kandungan Anda sudah mencapai minggu terakhir, yang sering juga disebut sebagai minggu 'due date'. Di minggu ini, kontraksi bisa terjadi kapan saja dan menandakan persalinan akan segera terjadi. Sambil menunggunya, kita bahas yuk bagaimana persiapan si kecil di dalam rahim.

Menurut baby2see.com, janin yang memasuki minggu 'due date' sudah berada dalam posisi terakhirnya, yaitu kepala menghadap serviks. Si Kecil pun menekuk kakinya hingga lutut menyentuh hidung (posisi menekur). Posisi itu bertujuan agar si kecil bisa keluar dengan mudah.

Gerakan yang dilakukan janin, adalah merubah posisi, dari menghadap ke kiri lalu ke kanan, atau sebaliknya. Menendang dan memukul-mukul semakin jarang terjadi, karena besar tubuh bayi membuat rahim semakin sempit.

Di laman yang sama, dituliskan bahwa berat bayi biasanya sekitar 3 hingga 4 kg, dengan panjang tubuh 51 cm.

Pertumbuhan organ-oragan janin sudah sempurna, dan bahkan sudah berfungsi. Organ pencernaan memproduksi Meconium, feses bayi yang tersimpan pada usus. Sumsum tulang memproduksi sel darah merah dan memungkinkan penyimpanan zat besi. kalsium, dan fosfor dengan lebih baik. Paru-paru siap menghirup udara segara, meski masih dilatih oleh si kecil dengan menghirup air ketuban di dalam rahim.

Intinya, Moms. Bayi Moms sudah siap untuk dilahirkan dan tinggal menunggu waktunya saja.

Oleh: Sahirul Taufiqurahman

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading