Sukses

Beauty

5 Langkah Anti Cemas Saat Menemukan Benjolan di Payudara

Ladies, sebagai seorang wanita, tubuh kita dipenuhi dengan aset seperti payudara dan Miss V yang harus dijaga kesehatannya. Namun saat penyakit melanda tanpa kita sadari, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Bila Anda menemukan benjolan pada area payudara, jangan keburu takut. Benjolan tak selalu mengindikasikan penyakit berat. Namun agar tak semakin menjadi-jadi, maka kita harus melakukan penanganan lebih dini. Berikut ini 5 cara yang bisa Anda lakukan bila menemukan benjolan di sekitar payudara.

Raba Seluruh Bagian Payudara

Cek pada semua bagian payudara Anda, baik itu di sisi kiri maupun kanan. Cek sambil berbaring, berdiri, tanpa menggunakan bra atau pakaian. Sentuh dan tekan perlahan untuk memastikan bentuk, ukuran serta jumlah benjolan.

Cek Kalender Menstruasi

Bisa jadi benjolan ini muncul karena Anda akan menstruasi. Namun bila Anda merasakan kejanggalan selepas tanggal menstruasi Anda, kumpulkan informasi dari web kesehatan atau teman wanita terdekat seputar benjolan tersebut.

Ganti Menu Makan

Bila Anda merasakan hal yang kurang nyaman pada benjolan Anda dan belum yakin untuk ke dokter, ganti menu makanan dan minuman Anda. Konsumsi lebih banyak sayuran, buah, air putih, jus. Hindari makanan berlemak seperti telur, daging ayam potong, lemak, kulit ayam, bakso dan produk susu.

Tidur Tepat Waktu

Hindari pekerjaan malam, tidur tepat waktu dan full 6-8 jam. Tidur bisa membantu tubuh untuk membersihkan dan menyembuhkan seluruh sel yang rusak. Selain itu juga bisa mengatasi stres serta nyeri pada tubuh.

Berani Dan Konsultasi

Sudah menerapkan ini semua dan masih merasakan kejanggalan? Stay positive dan be brave. Semakin Anda berani, semakin bisa lebih cepat diatasi. Konsultasikan dengan dokter mengenai keadaan Anda. Dengan begitu Anda bisa menanyakan kemungkinan pengobatan atau resiko lainnya.

Jangan takut menanyakan kondisi Anda, Ladies. Ketahui gejala benjolan lebih dini dan tanyakan pada ahlinya tentang solusi yang tepat.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading