Sukses

Parenting

5 Fakta Mencengangkan dari Pil KB

Mungkin anda telah mendengar beberapa informasi mengenai alat kontrasepsi ini, baik kelebihan maupun kekurangannya. Informasi yang anda terima tentang efek pil KB mungkin membuat anda semakin bingung.

Untuk menjawab kebingungan anda, berikut beberapa fakta mencengangkan tentang pil KB sebagaimana dirangkum dalam womenshealthmag.com:

1.    Resiko kanker
Apa pun yang telah anda dengar, yang benar adalah pil KB tidak menimbulkan resiko kanker payudara. 80% dari wanita yang telah mengkonsumsi pil KB paling tidak selama 10 tahun, resiko kanker ovarium dan endometrium, terkurangi seumur hidup. Pil KB dapat meningkatkan kemungkinan akan kanker serviks, tapi resiko yang lebih akan hilang setelah berhenti minum pil ini.
 
2.    Hubungan anda dengan pasangan
Bagi beberapa wanita, pil KB dapat meredam gairah seks mereka, orgasme yang teredam, atau nyeri saat berhubungan seks. Bahkan, beberapa perusahaan mencantumkan efek penurunan gairah seks ini di kemasan pil.

3.    Berat badan
Pil KB tidak akan membuat anda gemuk. Meskipun demikian, sebuah penelitian, menyatakan bahwa wanita yang berlatih angkat beban dan tidak mengkonsumsi pil KB akan memiliki otot yang lebih ramping dibanding dengan wanita yang melakukan latihan yang sama dan mengkonsumsi pil KB. Bagi wanita yang kelebihan berat badan, akan lebih sulit untuk menurunkan berat itu ketika mengkonsumsi pil KB.

4.    Suasana hati
Pil KB dapat menstabilkan kadar hormon sepanjang siklus menstruasi, hal ini membantu mengurangi perubahan suasana hati bagi perempuan.

5.    Kesehatan jantung
Memang benar, wanita yang mengkonsumsi pil KB memiliki sedikit lebih tinggi akan resiko pembekuan darah. Namun, pil KB yang sekarang tersedia, beresiko lebih lebih kecil.

Handayani Rahayuningsih
 

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading