Sukses

Parenting

Hubungan Seks dan Masa Nifas

Nifas adalah darah yang keluar setelah proses melahirkan. Dalam bidang kesehatan, darah nifas sama dengan darah menstruasi. Oleh karena itu, sama dengan saat menstruasi, seorang wanita akan mengalami gangguan dalam kehidupan seksualnya pada masa nifas ini.

Proses persalinan bukan hanya akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi seorang wanita, namun juga membawa pengaruh terhadap kehidupan, termasuk kehidupan seksual yang dialaminya.

Dijelaskan pada situs netdoctor.co.uk bahwa pasca proses persalinan, seorang wanita akan mengalami trauma akan rasa sakit yang ia rasakan. Selain itu, trauma rasa sakit bukanlah satu – satunya alasan mengapa seorang wanita kehilangan keinginan seksual, melainkan perubahan hormon yang terjadi pada tubuhnya.

Ditambahkan oleh psychologymania.com faktor – faktor lain penyebab terganggunya atau berkurangnya keinginan berhubungan seksual pada seorang wanita yang baru melahirkan antara lain.

- Perubahan faal atau keadaan tubuh yang menurunkan sensivitas.

- Terlalu lelah akibat mengurus bayi

- Kehadiran bayi menguras seluruh perhatian wanita

- Pada minggu pertama pasca kelahiran, hormon estrogen akan menurun secara drastic

Mengalami hal tersebut, Bunda sudah sewajarnya mendiskusikan dengan suami. Selain itu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk solusi terbaik.

Tapi tenang Bun, moment – moment ini hanya akan terjadi sesaat saja kok. Masa nifas dijelaskan terjadi antara jangka waktu 40 hingga 60 hari.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading