Jenis-Jenis Pil KB dan fungsinya

Minggu, 01 September 2013 19:37

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, jika Anda mempunyai keinginan untuk menunda kelahiran, seorang dokter atau akan menyarankan Anda untuk menggunakan pil KB. Saat pertama kali melihat pil KB kebanyakan ibu akan berifikir, kenapa banyak sekali jenisnya, ya? Nah, itu pasti yang juga Anda alami, bukan?

Pil kecil serba guna ini sering membuat para ibu bingung karena jenisnya yang banyak dan Anda harus mengkombinasikanya ketika ingin mengkonsumsinya. Wah, pasti tambah bingung deh.

Namun saat Anda membeli pil KB, Anda bisa bertanya kepada bidan atau dokter sebelum menggunakanya. Soalnya Anda akan mendapatkan pil ini lebih dari satu, dan pastinya Anda akan merasa pusing mana dulu yang harus diminum.

Pil KB sendiri mempunyai beberapa jenis dan manfaat yang berbeda. Seperti yang dilansirkan mayoclinic.com, bahwa pada intinya pil KB memiliki dua jenis yang paling utama, yaitu pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin dan yang satunya adalah minipil yang hanya mengandung progestin.

Pada pil KB kombinasi yang bisanya dipakai biasanya mengandung 21 pil aktif dan tujuh pil tidak aktif, atau 24 pil aktif dan empat pil tidak aktif. Kemudian pada pil KB kombinasi ada jenis yang digunakan untuk jangka panjang yang paketnya berisi 84 pil aktif dan tujuh pil aktif.

Pil KB Kombinasi juga dikategorikan menurut dosis hormon Anda apakah tetap sama atau berubah-ubah. Jenis pil ini mengandung kurang dari 50 mikrogram etinil estradiol, sejenis estrogen, yang dikenal sebagai pil dosis rendah. Berbeda dengan pil KB kombinasi, semua pil dalam kemasan minipil bersifat aktif.

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
  • IUD Bisa Cegah Kanker Serviks, Benarkah?

    Senin, 22 September 2014 09:00
    Salah satu yang paling sering digunakan belakangan ini adalah IUD atau Ultrauterine Device yang juga umum disebut dengan KB spiral. Selain mencegah kehamilan, IUD ternyata memiliki manfaat lain yang menguntungkan penggunanya.

  • Pil KB Dapat Menaikkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

    Kamis, 04 September 2014 15:12
    Apa sih yang paling ditakuti oleh para wanita yang baru saja melahirkan dan kemudian mengonsumsi pil KB? 

  • Pil KB Tidak Mencegah PMS!

    Sabtu, 12 Juli 2014 09:31
    Semua orang mengetahui dengan benar apa yang disebut dengan STD (Seksual Transmitted Deseases) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Penyakit Menular Seksual (PMS). 

  • Islam Berbicara Tentang Keluarga Berencana (KB)

    Senin, 02 Juni 2014 09:41
    Mempunyai keturunan adalah idaman dari setiap pasangan, tapi beberapa pasangan mempunyai ketentuan tersendiri terkait kehadiran keturunan tersebut, salah satunya adalah ketentuan kapan waktu yang tepat untuk memiliki baby dan berapa banyak baby yang diinginkan.

  • Bidan Desa Harus Bisa Ajak Masyarakat Pasang KB

    Jum'at, 23 Mei 2014 20:49
    Selain membantu proses persalinan, tugas lain yang tak kalah penting bagi bidan desa adalah pelayanan pemasangan KB. 

  • Bidan Desa Punya Peranan Besar dalam Program KB

    Jum'at, 23 Mei 2014 20:47
    Selain menolong persalinan, bidan desa memiliki peran yang penting dalam program Keluarga Berencana alias KB

  • Tingkatkan Pelayanan KB, Bidan Desa Dilatih BKKBN

    Jum'at, 23 Mei 2014 20:05
    Salah satu target dari pembangunan millennium atau MDGs di tahun 2015 mendatang adalah keberhasilan program Keluarga Berencana (KB)

  • Pil KB Bikin Hasrat Menghilang?

    Rabu, 21 Mei 2014 14:06
    Banyak pasangan suami istri yang masih sibuk bekerja, belum siap mendapatkan momongan, atau membatasi jumlah anak mencari pertolongan pada pil KB yang relatif aman dan mudah digunakan.

  • Wanita-wanita Berikut Hindari Obat Demam Parasetamol (2)

    Jum'at, 16 Mei 2014 15:34
    Ladies, artikel ini merupakan lanjutan dari artikel 1 yang berisi alasan mengapa wanita yang hamil dan menyusui harap berhati-hati dalam memilih obat demam parasetamol.

  • Pil KB bukanlah Pencegah Penularan Penyakit Kelamin Menular

    Kamis, 08 Mei 2014 15:13
    Anda pasti pernah mendengar tentang program Keluarga Berencana ya, Ladies? Program ini adalah program pemerintah yang telah berjalan selama beberapa tahun.

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.