Jenis-Jenis Pil KB dan fungsinya

Minggu, 01 September 2013 19:37

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, jika Anda mempunyai keinginan untuk menunda kelahiran, seorang dokter atau akan menyarankan Anda untuk menggunakan pil KB. Saat pertama kali melihat pil KB kebanyakan ibu akan berifikir, kenapa banyak sekali jenisnya, ya? Nah, itu pasti yang juga Anda alami, bukan?

Pil kecil serba guna ini sering membuat para ibu bingung karena jenisnya yang banyak dan Anda harus mengkombinasikanya ketika ingin mengkonsumsinya. Wah, pasti tambah bingung deh.

Namun saat Anda membeli pil KB, Anda bisa bertanya kepada bidan atau dokter sebelum menggunakanya. Soalnya Anda akan mendapatkan pil ini lebih dari satu, dan pastinya Anda akan merasa pusing mana dulu yang harus diminum.

Pil KB sendiri mempunyai beberapa jenis dan manfaat yang berbeda. Seperti yang dilansirkan mayoclinic.com, bahwa pada intinya pil KB memiliki dua jenis yang paling utama, yaitu pil KB kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin dan yang satunya adalah minipil yang hanya mengandung progestin.

Pada pil KB kombinasi yang bisanya dipakai biasanya mengandung 21 pil aktif dan tujuh pil tidak aktif, atau 24 pil aktif dan empat pil tidak aktif. Kemudian pada pil KB kombinasi ada jenis yang digunakan untuk jangka panjang yang paketnya berisi 84 pil aktif dan tujuh pil aktif.

Pil KB Kombinasi juga dikategorikan menurut dosis hormon Anda apakah tetap sama atau berubah-ubah. Jenis pil ini mengandung kurang dari 50 mikrogram etinil estradiol, sejenis estrogen, yang dikenal sebagai pil dosis rendah. Berbeda dengan pil KB kombinasi, semua pil dalam kemasan minipil bersifat aktif.

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.