Nutrisi Untuk Bayi Umur 7-9 Bulan

Rabu, 28 Agustus 2013 14:12

(c) shutterstock

Vemale.com - Adik bayi sudah mulai belajar menguyah ya Bunda. Berarti Bunda sudah mencoba-coba mengkreasikan makanan padat nih. Tapi, yang terpenting nutrisi yang dibutuhkan adik bayi jangan sampai ada yang terlewat ya.

Di umur 7-9 bulan ini bayi sudah lebih aktif, maka ia membutuhkan lebih banyak energi. Dan itu artinya, asupan yang tepat dan seimbang harus selalu diberikan. Selama setahun pertamanya, bayi akan membutuhkan kandungan lemak lebih bahkan daripada orang dewasa untuk mendukung perkembangannya.

Selain itu, heinzbaby.co.uk juga memberikan informasi tambahan untuk Bunda tentang nutrisi yang diperlukan bayi Anda yang sedang berumur 7-9 bulan.

1. Bayi Anda sebaiknya masih harus minum ASI atau paling tidak minimal 500-600 ml susu formula

2. Tambahkan juga makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang, pasta, nasi, roti, sereal untuk bayi pada setiap makannya.

3. Berikan bayi Anda 1-2 sajian makanan berikut: bahan makanan yang sudah dimasak sampai empuk misalnya ikan yang dikukus, telur kukus, tahu, dan kacang-kacangan setiap harinya. Selain itu, menyajikan daging yang empuk, misalnya dengan dipresto lebih dulu, bisa menjadi sumber zat besi yang sangat bagus yang dibutuhkan bayi Anda.

4. Berikan juga buah dan sayuran pada 2 atau 3 kali makan setiap harinya. Sebaiknya, cobalah untuk memberikan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, toat, dan stroberi. Vitamin C ini membantu tubuh bayi dalam menyerap zat besi yang berasal dari sumber nabati.

Variasikan saja menu untuk bayi Anda setiap harinya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
  • Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi Umur 7-9 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:21
    Adik bayi sudah mulai bisa menguyah ya Bunda? Memang saat bayi berumur 7-9 bulan bayi sudah mulai bisa mengunyah dengan menggerakkan rahang atas dan bawahnya, menggantikan gerakan seperti saat ia minum susu atau makan bubur.

  • Nutrisi Tepat Bagi Bayi Umur 0-6 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:32
    perlu. Setelah lahir sampai ia berumur 4 bulan, sebaiknya Bunda memberikan ASI saja atau jika sangat tidak memungkinkan, susu formula juga bisa diberikan, ataupun kombinasi dari keduanya.

  • Tahapan Nutrisi Untuk Si Kecil

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:41
    Sering bertanya-tanya tentang tahapan nutrisi yang tepat untuk si kecil, Bunda? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan Anda, menurut Sara Dumond, MD, seorang pediatrician dari Amerika.

  • Variasi Finger Food Sehat Untuk Bayi Anda

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:43
    Ada yang tahu nggak Bun tentang finger food untuk bayi? Makanan pendamping ASI? Bisa juga. Banyak yang menyebut finger food sebagai makanan pendamping ASI karena memang bayi berumur 1 tahun sudah mulai makan makanan padat yang berukuran kecil.

  • Pentingnya Vitamin A Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:00
    Segala jenis vitamin penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah vitamin A. Apa saja manfaat vitamin A dan jenis makanan apa saja yang kaya akan vitamin A?

  • Pentingnya Vitamin D Bagi Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:02
    Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menyerap mineral, seperti kalsium.

  • Pentingnya Vitamin E Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:03
    Apakah manfaat vitamin E untuk anak? Vitamin E berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah jenis molekul jahat yang dapat merusak sel-sel tubuh anak.

  • 5 Nutrisi Penting Untuk Bayi

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:29
    Bagi Moms, khususnya yang baru saja menjalani persalinan, tiada hal yang paling membahagiakan daripada momen kelahiran bayi yang sehat dan normal.

  • Apa Itu Probiotics?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:30
    Kalau mendengar kata “probiotics”, pasti para Bunda sudah pernah mendengarnya. Ya, kata tersebut sering muncul di televisi khususnya di iklan produk susu untuk bayi.

  • Seberapa Banyak Bayiku Harus Makan?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:31
    Senang ya Bunda rasanya kalau tahu anak sudah tumbuh besar. Di saat bayi menginjak umur 12 bulan tentu sudah banyak aktifitas yang dilakukannya. Tapi apakah Bunda sudah yakin akan asupan gizinya?

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.