Sukses

Parenting

Waspadai Cacat Kandungan!

Ladies, ancaman akan cacat kandungan mengancam setiap ibu hamil bahkan mulai dari awal kehamilan lho. Oleh karena itu, calon ibu maupun ibu hamil, wajib tahu cara mencegahnya. Meskipun tidak semua cacat kehamilan dapat dicegah, namun Anda dapat mengurangi resiko cacat pada janin dengan mempersiapkan diri sebelum masa kehamilan. Seperti dilansir cdc.gov, berikut ini beberapa tips untuk mencegah cacat kandungan dengan menyiapkan diri untuk kehamilan sehat:

1. Asam folat
Dengan mengonsumsi 0,4 mg asam folat setiap hari mulai 1 bulan sebelum dan saat kehamilan dapat membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang pada bayi.

2. Hindari Alkohol
Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan ataupun minuman beralkohol. Jika ibu hamil minum alkohol berarti bayi juga secara tidak langsung ikut mengonsumsinya, Ladies. Hal ini dapat menyebabkan Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD) atau disebut juga gangguan spektrum alkohol janin.

3. Jangan merokok
Seperti yang sudah tercantum dalam kemasan rokok, merokok dapat menyebabkan gangguan pada janin. Ibu hamil yang merokok, dapat menyebabkan bayi lahir prematur, kelainan pada janin dan bahkan kematian, Ladies.

4. Berhenti menggunakan obat-obatan terlarang
Bayi prematur, berbobot rendah, dan terlahir cacat dapat disebabkan karena ibu hamil menonsumsi obat obatan terlarang saat hamil. Mengosumsi kokain juga dapat menyebabkan cacat pada tangan, kaki, system urin, dan jantung. Pasca melahirkan, ibu hamil juga tidak dianjurkan mengonsumsi obat tersebut Ladies, karena akan mengganggu pertumbuhan bayi lewat air susu ibu.

5. Pentingnya konsultasi
Sebelum mengonsumsi obat apapun, konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah obat tersebut membahayakan janin atau tidak.

Nah Ladies, selalulah waspada pada kehamilan Anda ya, agar Ibu sehat dan janin juga ikut sehat.

Lely Tri W.

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading