Seks Pada Masa Nifas, Amankah?

Selasa, 27 Agustus 2013 05:44

(c) shutterstock

Vemale.com - Bunda, masa nifas adalah masa dimana rahim sedang berproses untuk kembali ke kondisi semula. Darah yang keluar pada masa ini adalah darah pembersihan. Pembuluh darah area rahim terus-menerus terbuka sehingga kebersihan vagina harus menjadi prioritas Bunda pada masa ini. Lalu, bagaimana dengan kehidupan seksual Bunda? Amankah seks pada masa ini? Ikuti penjelasan dari trying-to-conceive.com berikut.

Biasanya, jika Bunda mengkonsultasikan hal ini pada tenaga medis pendamping masa kehamilan Bunda, mereka akan menyarankan Bunda dan Ayah untuk menunggu hingga masa nifas selesai. Hal ini dikarenakan resiko infeksi yang besar pada masa ini. Namanya juga sedang masa pembersihan, pasti yang keluar darah kotor, Bun. Maka dari itu, para tenaga medis akan menyarankan Bunda dan Ayah untuk sabar menunggu. Selain itu, bekas luka pemotongan plasenta masih terbuka dan dalam masa penyembuhan saat nifas. Jadi sebaiknya memang menghindari masuknya benda asing ke dalam vagina, Bun.

Meski begitu, jika Bunda dan Ayah sudah tidak sabar menunggu atau dengan berbagai pertimbangan menghindari seks semasa nifas dapat membawa kerugian, penggunaan kondom bisa menjadi pilihan. Lakukan dengan hati-hati dan pelan-pelan karena bagaimanapun juga, Bunda masih dalam masa penyembuhan luka. Pahami juga bahwa semasa nifas Bunda tetap bisa hamil. Konsultasikan dulu hal ini kepada dokter atau bidan Bunda agar kegiatan intim Bunda dan Ayah nantinya tidak menyebabkan kerugian.

Mazhi

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  Next 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.