Sukses

Parenting

Kehamilan Setelah Keguguran, Apa saja yang Harus Disiapkan?

Ladies, kguguran bagi sebagian calon ibu mungkin akan meninggalkan sedikit rasa trauma sebelum akhirnya memutuskan untuk mau hamil kembali. Rasa penasaran, bersalah serta bingung mengapa keguguran itu bisa terjadi mungkin merupakan hal-hal yang berada di benak ladies yang baru saja mengalami keguguran.

Berbagai macam pertanyaan serta penyesalan muncul, termasuk didalamnya bagaimana dan mengapa keguguran itu bisa terjadi. Mungkin, ulasan berikut ini akan dapat memberikan sedikit informasi serta menenangkan pikiran ya, Ladies. Sehingga Anda bisa merencanakan kehamilan selanjutnya yang lebih sehat dngan tenang.

Dikutip dari mayoclinic.com, sebuah situs kesehatan ternama Amerika, keguguran ,merupakan sebuah keadaan yang normal terjadi pada usia kandungan di bawah 20 minggu pertama masa kehamilan sebagai reaksi tubuh si calon ibu terhadap kehamilan yang tidak sempurna.

Setelah mengalami keguguran, adakah hal-hal yang harus dilakukan sebelum merencanakan kehamilan kembali? Masih dikutip dari sumber yang sama, para ahli menyarankan calon ibu melakukan beberapa tes sebelum dapat dinyatakan siap untuk hamil kembali.

Tes pertama yang disarankan adalah tes darah. Tes ini dilakukan untuk megetahui permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul pada hormon si calon ibu. Di samping itu, tes ini juga digunakan untu mengetahui kondisi kekebalan ubuh (system imun) si calon ibu.

Tes selanjutnya yang dapat dilakukan adalah tes kromosom yang dapat dilakukan pada calon ayah dan calon ibu untuk memeriksa kesehatan serta kesiapan kromosom kedua belah pihak untuk kehamilan selanjutnya.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading