Sukses

Beauty

Tugas Rahim Pasca Melahirkan: Melalui Masa Nifas

Congratulation bunda atas kelahiran buah hatinya yang lucu dan menggemaskan.

Pasca melahirkan rahim bunda akan mengemban tugas baru yaitu melalui masa nifas. Masa nifas biasanya berlangsung selama 40 hari. Selama masa itu, rahim dan alat reproduksi akan pulih secara bertahap. Lama masa nifas pada setiap wanita pun berbeda-beda.

Laman ayahbunda.co.id melansir bahwa saat nifas setiap 10 hari pertama, vagina akan mengeluarkan darah. Senada dengan itu, laman melindahospital.com juga menjelaskan bahwa vagina wanita pasca melahirkan akan mengeluarkan darah yang mengandung trombosit, sel-sel tua, sel-sel mati (nekrosis), serta sel-sel dinding rahim (endometrium).

Proses mengeluarkan darah pasca melahirkan biasa disebut lokia. Lokia akan terjadi sebanyak 4 tahap. Setiap tahapnya akan ditandai dengan perubahan warna darah yang dihasilkan oleh rahim.

1. Proses yang pertama adalah lokia lubra yang ditandai dengan keluarnya darah berwarna merah segar. Proses ini berlangsung selama tiga hari. Darah yang keluar selama masa lokia lubra berpotensi mengandung banyak penyakit.

2. Proses kedua adalah lokia sunguinolenta, pada tahap ini warna darah akan tetap merah namun mengandung bayak lendir. Proses ini berlangsung selama 1-2 minggu

3. Pada proses ketiga (lokia serosa) warna darah akan berubah menjadi kuning kecokelatan. Proses ini berlangsung setelah 2 minggu hingga 1 bulan pasca melahirkan.

4. Proses yang terakhir adalah lokia alba yang berlangsung padaminggu ke-4 sampai minggu ke-6 pasca melahirkan. Darah yang keluar pada proses ini akan berwarna kuning (sedikit seldarah merah) dan kemudian akan menjadi bening.

Ratna Komala Dewi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading