Sukses

Parenting

6 Mitos dan Fakta Kehamilan (Part I)

Ada banyak nasehat yang diberikan oleh kerabat dan tetangga tentang apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak ketika hamil. Bagaimana faktanya? Berikut beberapa mitos dan fakta tentang kehamilan yang dilansir oleh parents.com:

1. Stress selama kehamilan selalu tidak baik untuk janin
Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa stress ringan yang dialami ibu sebenarnya baik untuk janin. Hal ini memicu sistem syaraf janin dan mempercepat perkembangannya. Wanita yang mengalami stress ringan pada masa kehamilannya memiliki bayi dua minggu yang memiliki otak yang bekerja lebih cepat dari pada bayi dari ibu yang tidak mengalami stress yang sama, dan balita 2 tahun yang memiliki perkembangan motor dan mental lebih tinggi.

2. Wanita hamil tidak boleh makan makanan yang manis
Faktanya, terkecuali coklat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi coklat setiap hari, memiliki bayi yang pemberani dan lebih banyak tersenym dan tertawa pada umur 6 bulan. Penelitian lain menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi coklat 5 kali atau lebih tiap minggunya, selama trimester ketiga, beresiko 40% lebih rendah mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi.

3. Wanita hamil harus menghindari olahraga
Faktanya, ketika wanita hamil berolahraga, janinnya juga merasakan manfaat dari olahraga itu. Penelitian menunjukkan bahwa janin pada ibu hamil yang aktif secara fisik memiliki detak jantung yang lebih lambat dan lebih bervariasi yang merupakan tanda-tanda jantung sehat. Olahraga juga membuat bayi lahir lahir dengan berat badan yang lebih rendah dan bahkan akan jauh cerdas ketika dewasa karen memiliki otak yang lebih besar.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading