Hipertensi Saat Masa Hamil

Minggu, 18 Agustus 2013 20:19

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, biasanya pada saat masa-masa kehamilan pasti akan banyak masalah kesehatan yang akan datang, seperti hipertensi. Hipertensi adalah kondisi di mana otak bekerja terlalu keras dan membuat tekanan dalam darah Anda juga ikut meningkat. Pada kehamilan, hipertensi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran.

Seperti yang dilansir oleh babycentre.co.uk, ketika tekanan darah Anda naik pada saat masa hamil itu disebut dengan hipertensi gestasional. Ini hanyalah sebuah dugaan dokter jika tekanan darah Anda naik setelah usia kehamilan Anda 20 minggu. Namun jika Anda sudah terkena hipertensi sebelum usia kandungan Anda 20 minggu, berarti Anda sudah mempunyai riwayat hipertensi sebelum hamil.

Bidan atau dokter akan selalu mengecek tekanan darah Anda beberapa kali untuk memastikan apakah tekanan darah Anda masih berada di batas normal. Hipertesi terjadi apabila tekanan darah Anda mencapai nilai 140/90 atau diatas itu. Tekanan darah Anda mungkin meningkat selama kehamilan jika Anda memiliki kelebihan berat badan.

Hipertensi pada saat kehamilan sangatlah berisiko pada keselamatan janin Anda karena mempengaruhi kinerja plasenta. Jika plasenta tidak bekerja sebagaimana mestinya pasti akan mempengaruhi bagaimana bayi Anda tumbuh, karena bayi Anda tidak bisa mendapatkan semua nutrisi dan oksigen yang dibutuhkannya.

Nah Ladies, memeriksakan kondisi Anda ke dokter selama masa hamil adalah cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan kandungan Anda. Mengantisipasi sejak dini akan mengurangi risiko hipertensi pada Anda.

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.