Sukses

Beauty

Pengertian dan Hukum Nifas

Ladies, apakah Anda pernah mendengar istilah nifas? Atau ini pertama kalinya Ladies mendengar istilah tersebut? Bagi wanita muslim yang akan penghadapi proses persalinan, pengertian dan hukum nifas wajib dipelajari lho, Ladies.

Seperti yang sudah dilansir oleh al-islam.org, secara harfiah nifas berati persalinan. Secara terminologi Islam, nifas diartikan sebagai darah yang keluar dari rahim seorang wanita selama atau setelah proses persalinan. Namun, darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang mengalami keguguran juga disebut dengan nifas. Sementara wanita yang mengeluarkan nifas disebut dengan nafsa’.

Para Ulama sepakat tidak ada periode minimum untuk nifas. Namun sebaliknya terdapat berbagai pandangan mengenai periode maksimum untuk nifas. Berikut ini perbedaan pandangan para Ulama terhadap periode maksimum nifas, dikutip dari telagabiru.net:

• 1. Jumhur ulama mengatakan bahawa tempoh maksimum ialah 40 hari berdasarkan hadis yang diriwayatkan daripada Ummu Salamah r.ha., beliau berkata: “Pada masa Rasulullah, wanita yang melahirkan berhenti nifas setelah 40 hari.” (Riwayat Abu Daud)

• 2. Menurut mazhab Syafi’i periode maksimum nifas adalah 60 hari. Namun sekiranya ada darah yang keluar selepas 60, maka itu adalah darah penyakit (istihadah) dan wajib bagi wanita tersebut mandi dan mengerjakan ibadat seperti biasa. Pendapat ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan Imam Syafi’i yang mendapati terdapat wanita yang mengalami nifas sehingga menjangkau 60 hari.

Jadi semua hukum mengenai nifas bergantung pada Imam yang Ladies anut. Semoga bermanfaat.

Lely Tri W

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading