Sukses

Parenting

Cara Mengatasi Kecanduan Junk Food

Semakin hari, kita semakin akrab dengan junk food. Junk food adalah sebutan untuk makanan yang tidak memiliki nilai gizi yang mencukupi, tinggi garam atau gula, tinggi kalori dan tinggi lemak. Beberapa makanan yang disebut junk food adalah kentang goreng, burger, makanan yang digoreng hingga terendam minyak, cookies, permen, sosis dan daging olahan, keripik, minuman bersoda dan sebagainya.

Makanan-makanan tersebut memang enak, tetapi junk food telah lama dinyatakan sebagai makanan tidak sehat, menyebabkan kegemukan, dan menjadi pencetus banyak penyakit seperti masalah jantung, diabetes dan sebagainya. Seorang ibu yang sering mengonsumsi junk food saat hamil lebih mungkin memiliki anak yang menderita diabetes saat usianya masih kecil.

Karena itu, jika Anda kecanduan junk food, mulai kurangi pola makan tidak sehat itu dengan beberapa cara di bawah ini, dilansir dari Newsmaxhealth.com.

Hadapi!

Jangan melepas tanggung jawab bahwa Anda harus bertanggung jawab penuh pada kesehatan diri sendiri. Jika Anda memang memiliki masalah untuk tidak bisa lepas dari junk food, terima kenyataan ini dan hadapi! Motivasi dan tekad yang kuat sangat penting untuk melepas kebiasaan ini. Apa motivasi Anda untuk melepas kecanduan junk food? Buat hal itu sebagai pegangan agar Anda bisa memilih makanan yang lebih sehat.

Belajar Memasak

Seringkali orang yang makan junk food adalah efek samping dari tidak bisa memasak. Mulailah belajar memasak menu-menu mudah. Jika Anda bisa meracik sendiri bahan makanan menjadi masakan yang lebih sehat, Anda tidak akan mau lagi makan junk food.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan setiap hari. Anda bisa jalan selama 30 menit setiap pagi untuk membuat tubuh Anda sehat. Dengan olahraga teratur, Anda akan ingat bahwa membuat tubuh sehat adalah tugas yang hanya bisa dilakukan oleh Anda, termasuk memilih makanan mana yang sehat, mana yang 'sampah'.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading