Sukses

Parenting

Mengenal Cincin Pengontrol Kehamilan

Pernahkah Ladies mendengar bahwa sebuah cincin bisa menjaga Anda agar tidak hamil? Apa yang special dari cincin ini? Yuk, kita simak ulasan tentang Vaginal Ring yang dilansir dari plannedparenthood.org!

Cincin vagina ini tentunya bukan cincin biasa. Cincin ini ukurannya kecil dan sangat fleksibel sehingga bisa diinsertasi ke dalam vagina untuk mencegah kehamilan. Alat ini aman, efektif dan nyaman.

Cincin vagina menghasilkan hormon estrogen dan progestin yang menjaga agar sel telur tidak meninggalkan ovarium. Selain itu, cincin ini juga membuat lendir serviks lebih kental sehingga sperma tidak bisa bertemu sel telur.

Alat ini adalah adalah alat kontrasepsi terbaik dan paling efektif untuk wanita. Anda hanya cukup menjaga cincin ini selama 3 miggu di dalam vagina dan mengeluarkannya kembali seminggu kemudian untuk diganti dengan cincin yang baru.

Namun, ada beberapa kondisi yang tidak diperkenan oleh dokter untuk seorang wanita memiliki cincin vagina, yaitu:

  1. Hamil
  2. Mempunyai migran
  3. Memiliki masalah kelainan penggumpalan darah bawaan
  4. Memiliki kaker payudara dan hati
  5. Memiliki penyakit jantung, atau masalah jantung yang serius lainnya
  6. Memiliki masalah hati/ kanker hati
  7. Merokok
  8. Berusia 35 tahun atau lebih tua

Menggunakan cincin vagina untuk mengontrol kehamilan juga memberikan beberapa keuntungan bagi Anda lho. Contohnya seperti memberikan Anda perlindungan terhadap jerawat, kram saat menstruasi, menstruasi tidak normal, infeksi serius di ovarium, tuba falopi, dan rahim.

Anda tertarik? Hubungi dokter Ladies untuk pemasangan dan informasi lebih lanjut ya!

Oleh: Kustin Ayuwuragil D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading