Sukses

Parenting

Apa Itu Probiotics?

Kalau mendengar kata “probiotics”, pasti para Bunda sudah pernah mendengarnya. Ya, kata tersebut sering muncul di televisi khususnya di iklan produk susu untuk bayi. Tapi apakah Bunda tahu apa sebenarnya probiotics itu, bagaimana cara kerja di tubuh, dan apa manfaat dari probiotics itu sendiri. Yuk mari memahami probiotics lebih dalam.

Menurut healthychildren.org, probiotics adalah bakteri baik yang banyak terkandung dalam ASI. Tetapi jika ASI telah di-stop, maka keberadaan probiotics juga akan ikut berkurang dan lama-lama hilang. Oleh karena itu banyak produsen susu anak yang berinovasi dengan menambahkannya ke dalam susu agar memiliki kebaikan yang sama seperti ASI. Probiotics juga bermacam-macam jenisnya. Yang umum diformulasikan untuk susu anak adalah dari jenis Bifidobacterium dan Lactobacillus.

Apa sebenarnya manfaat probiotics untuk kebaikan tumbuh kembang si bayi? Karena probiotics adalah berupa bakteri, maka bakteri tersebut akan tinggal di organ tubuh bayi. Dan probiotics sendiri berdiam di area pencernaan bayi khususnya di usus dan lambung karena usus dan lambung adalah tempatnya makanan diproses dan dicerna. Disini probiotics akan berfungsi untuk menangkal bakteri tidak baik yang terdapat pada makanan yang masuk. Karena sifat melindungi inilah, sering juga bakteri probiotics disebut lactobacillus protectus.

Probiotics sudah diteliti mampu untuk menghindarkan bayi dari diare, sakit perut, infeksi saluran kencing bahkan juga alergi makanan tertentu. Probiotics mungkin masih perlu diteliti lebih jauh lagi. Seberapa lama probiotics bisa bertahan setelah bayi berhenti mengonsumsi susu ber-probiotics masih belum diketahui. Tapi sejauh ini probiotics terbukti baik untuk bayi. Jadi Bunda tak perlu takut untuk memberi susu ber-probiotics.

Muhammad Faris

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading