Sukses

Parenting

Tahapan Nutrisi Untuk Si Kecil

Sering bertanya-tanya tentang tahapan nutrisi yang tepat untuk si kecil, Bunda? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan Anda, menurut Sara Dumond, MD, seorang pediatrician dari Amerika dalam situs earthsbest.com:

- Usia 0-6 bulan
Pada usia ini, seperti yang juga dijelaskan dalam bidan.com, asupan nutrisi yang utama dan terbaik untuk si kecil adalah ASI. Dalam satu hari si kecil bisa mengkonsumsi 16-28 ons ASI dalam 15 sampai 20 menit waktu menyusui. Dalam bulan-bulan inilah si kecil mengalami masa pertumbuhannya yang paling pesat.
- Usia 4-6 bulan
Pada masa ini, si kecil sudah bisa diberikan bubur sereal yang bertekstur lembut untuk melatih indra pengecapnya. Namun, ASI harus tetap lancar pada masa ini, ya, Ladies.
- Usia 6-9 bulan
Menurut situs ibudanbalita.com, pada usia ini sistem pencernaan si kecil sudah terbentuk sempurna. Selain nasi tim, si kecil juga sudah bisa menikmati biskuit bayi atau krekers pada usia ini. Awasi si kecil saat makan cemilan-cemilan ini, ya, Ladies, untuk menghindari si kecil tersedak. Latih dia untuk minum dari cangkir bayi pada usia ini.
- Usia 9-12 bulan
Tiba saatnya untuk si kecil untuk bisa makan buah dan sayur yang bertekstur. Coba beri dia wortel rebus yang sudah Anda bumbui sedikit garam. Makanan ini akan dengan mudah dikunyah-kunyah oleh si kecil.
- Usia 12-15 bulan
Pada usia ini, Anda bisa mulai memberi asupan lemak sehat yang banyak untuk si kecil karena mereka sangat membutuhkannya pada tahap ini. Jika dia masih menyusu, air putih sudah bisa dijadikan alternatif harian untuk si kecil.

Oleh: Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading