Sukses

Parenting

Nutrisi Tepat Bagi Bayi Umur 0-6 Bulan

Bunda bingung memberikan nutrisi tepat untuk adik bayi? Nggak perlu. Setelah lahir sampai ia berumur 4 bulan, sebaiknya Bunda memberikan ASI saja atau jika sangat tidak memungkinkan, susu formula juga bisa diberikan, ataupun kombinasi dari keduanya.

Seperti yang diulas earthbest.com, bayi biasanya minum susu setiap 2 jam sekali, pagi dan malam. Bayi yang baru lahir rata-rata minum 480-960 mL ASI ataupun formula. Adik bayi sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari minum susu saja saat berumur 0-4 bulan.

Menginjak usia 4 – 6 bulan, Bunda bisa mengenalkan adik bayi pada makanan padat, walaupun nutrisi utama masih harus didapatkan dari minum susu, yang biasa disebut makanan pendamping ASI. Selain nutrisi yang tepat, Bunda juga harus memastikan tekstur makanan tersebut, yang jelas harus empuk.

Makanan yang tepat bagi bayi berumur 4-6 bulan adalah bubur atau sereal yang mengandung zat besi. Bubur atau sereal bisa dicampur dengan air susu yang bisa menghasilkan kombinasi bagus antara kalori, protein, karbohidrat, dan lemak yang seimbang. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A dan C juga bagus.

Ibu bisa melihat panduan nutrisi harian yang dibutuhkan bayi berumur 0-6 bulan berikut ini.
- Protein : 13 gram
- Zat besi : 10 miligram
- Kalsium : 210 miligram
- Vitamin A : 0,4 miligram
- Vitamin C : 49 miligram

Gimana Bunda, sudah nggak bingung lagi kan?

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading