Sukses

Parenting

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Air Ketuban

Ladies, Anda pasti mengetahui apa itu air ketuban. Namun Anda belum mengerti secara rinci apakah sebenarna air ketuban itu dan apa sebenarnya fungsi air ketuban itu. Sementara kebanyakan wanita mengerti bahwa cairan ketuban membantu menyehatkan dan melindungi bayi yang sedang tumbuh dalam rahim

Ladies, menurut pennmedicine.org, cairan ketuban itu sangat penting karena beberapa alasan seperti membantu menjaga bayi tetap hangat, dan memberikan pelumasan yang membuat organ tubuh bayi tumbuh seimbang karena sebagian organ tubuh bayi ada yang berkembang terlalu cepat. Dalam beberapa kasus, jari tangan dan kaki dapat menjadi berselaput karena akibat dari tidak cukup cairan ketuban yang terkandung di rahim.

Cairan ketuban juga memungkinkan bayi bergerak dengan mudah sehingga ia dapat melatih otot-otot dan memperkuat tulang sebelum ia lahir. Kandungan yang terdapat dalam air ketuban adalah 98% air dan 2% garam dan sel-sel dari bayi.

Air ketuban untuk sementara akan diproduksi oleh ibu selama ginjal sang janin masih belum bisa bekerja dengan maksimal. Namun setelah empat bulan ginjal janin sudah bekerja, dan janin akan ikut serta dalam memproduksi air ketuban dengan buang air kecil ke dalamnya.

Bayi menelan cairan ketuban, yang kemudian melewati sistem pencernaan nya, ke ginjalnya, dan kembali lagi ke kantung ketuban sebagai urin. Dengan cara ini, dia bisa berlatih menggunakan pencernaan dan sistem kemih sebelum dia lahir.

Nah Ladies, sedikit pengetahuan tentang air ketuban akan meredakan kecemasan Anda terhadap apa pengaruh air ketuban terhadap janin Anda. Selalu jaga kesehatan juga akan membantu kelancaran janin untuk berkembang, ya!

Oleh: Lucky Kresna Putra

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading