Sukses

Parenting

Pengaturan Pola Makan Ibu Yang Mengandung Bayi Kembar (II)

Akan memiliki bayi kembar tak lantas harus membuat ibu hamil melipatgandakan semua persiapan, termasuk pola makan. Pola makan yang disarankan untuk diterapkan adalah tetap makan dengan porsi normal namun sering, mengkonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, dan mengkonsumsi suplemen untuk menambah vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi kembar.

Seperti yang dikutip dari babycentre.com, selain ketiga hal tersebut di atas, ada lagi satu poin penting yang perlu dipertimbangkan berkaitan dengan pola makan. Hal tersebut adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

Pada dasarnya, tidak ada batasan minimum dan maksimum dalam menentukan berapa jumlah kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil yang mengandung anak kembar. Hal ini disebabkan oleh perbedaan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tiap-tiap ibu hamil.

Maka dari itu, tidak perlu pusing-pusing menghitung berapa jumlah kalori yang dibutuhkan.  Poinnya adalah ibu hamil harus segera makan dalam porsi secukupnya ketika lapar dan selingi dengan camilan sehat di antara waktu-waktu makan.

Yang perlu diwaspadai adalah jumlah kalori yang berlebihan beresiko membuat ibu hamil over weight yang berakibat pada ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan. Sebaliknya, terlalu sedikit kalori akan membuat bayi kembar lahir dengan berat badan di bawah normal.

Pravianti Ayu Mirantiraras


    

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading