Sukses

Parenting

Mengandung Bayi Kembar dan Berat Badan Ideal

Jika Anda sedang hamil dan baru mengetahui jika Anda sedang mengandung bayi kembar, Anda mungkin saja sangat antusias, kaget, atau sangat gembira, ribuan pertanyaan mungkin timbul di kepala Anda. Salah satunya bisa jadi adalah berapa banyak berat badan yang harus Anda tingkatkan pada bulan-bulan berikutnya.

Seperti yang dijelaskan oleh pregnancy.com, konsumsi makanan yang tepat dan meningkatkan berat badan sesuai yang disarankan sangat penting bagi setiap kehamilan, namun ini lebih penting jika Anda sedang mengandung lebih dari satu bayi. Ini sangat penting karena saat Anda hamil lebih dari satu bayi, risiko melahirkan sebelum waktunya dan berat badan bayi yang dibawah rata-rata saat lahir menjadi meningkat.

Peningkatan berat badan penting Anda lakukan terutama pada saat kehamilan Anda memasuki usia minggu ke 20 sampai 24. Jika seorang ibu hamil yang mengandung bayi kembar bertambah berat badannya 10 kilogram pada minggu ke 24, ia telah mengurangi risiko yang ia miliki untuk melahirkan sebelum waktunya. Penambahan berat badan yang terlalu dini juga dapat membahayakan perkembangan plasenta yang akan menjadi saluran pemberian nutrisi pada bayi.

Wanita yang mengandung anak kembar hanya akan bertambah berat badan sekitar 1 sampai 2 kilogram pada trimester pertama. Pada trimester kedua dan ketiga wanita yang mengandung bayi kembar diharapkan untuk dapat menaikan berat badan mereka sebanyak ½ kilogram setiap minggunya selama kehamilan. Sekali lagi, karena ada banyak pendapat berbeda mengenai berat badan yang ideal untuk wanita yang mengandung bayi kembar, konsultasikan dengan dokter berat badan yang harus Anda miliki selama hamil.

Oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading