Sukses

Parenting

Manfaat Super Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil dan Bayi

Pada tahun 2012, sudah lebih banyak orang yang paham tentang pentingnya mengonsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega 3 yang biasanya didapatkan di minyak ikan bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari anak-anak sampai orang tua. Lalu bagaimana dengan ibu hamil dan bayinya?

Seperti yang diulas dalam naturalnews.com, ibu hamil disarankan mengonsumsi asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan sistem syaraf bayi. Bahkan setelah melahirkan, minyak ikan bisa meningkatkan perkembangan otak bayi, penglihatan, dan fungsi motorik pada ibu menyusui.

Minyak ikan ini, terutama docosahexaenoic acid (DHA) adalah bagian dari kumpulan omega-3 atau polyunsaturated fatty acids (PUFAs). Otak manusia dipenuhi PUFA yang memastikan jaringan syaraf bisa terhubung satu sama lain. Jadi dengan menyediakan PUFA yang cukup, ibu bisa memastikan perkembangan yang baik bagi bayinya.

Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan bisa mencegah kelahiran prematur, mencegah ibu terkena depresi setelah melahirkan, dan mengurangi resiko terkena pre-eklamsia atau tekanan darah tinggi dan kelebihan kadar protein dalam urin.

Manfaat minyak ikan lainnya yang tak kalah penting yaitu bisa mengurangi resiko bayi terkena eczema, jika ibu mengonsumsinya selama hamil. Eczema adalah penyakit kulit seperti radang, kemerahan, bahkan bengkak pada muka, tangan, kaki, dan badan.

Food and Drugs Administration (FDA) menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi minyak ikan maksimal 3000 mg per harinya. Sedangkan American Pregnancy Association menyarankan agar ibu hamil dan menyusui mengonsumsi 500-1000 mg minyak ikan per hari, dengan kandungan DHA sebanyak 300 mg.

Jangan bosan makan ikan ya Bu.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading