Sukses

Parenting

Tujuh manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil (II)

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tiga manfaat dari olahraga bagi ibu hamil, yaitu menambah energi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan karena kehamilan.

Berikut ini adalah empat manfaat olahraga lainnya bagi ibu hamil seperti yang dikutip dari babycenter.com.

Manfaat keempat dari olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil adalah untuk mempersiapkan persalinan. Persalinan adalah proses yang menyerupai lari marathon yang membutuhkan stamina dan fokus yang tinggi. Dengan melakukan olahraga secara rutin, ibu hamil secara tidak langsung berlatih untuk mempersiapkan stamina sehingga persalinan dapat berjalan lancar dan cepat.

Berikutnya, manfaat dari olahraga bagi ibu hamil adalah mengurangi tingkat stress. Stress yang rentan dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh perasaan excited, cemas, dan khawatir terhadap janin yang dikandung oleh ibu hamil. Dengan melakukan olahraga, hormon serotonin akan meningkat sehingga kadar stress menurun tajam.

Manfaat keenam olahraga adalah meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil. Kehamilan pasti membuat berat badan melonjak drastis dan bentuk tubuh berubah. Perubahan ini kerap membuat ibu hamil kurang percaya diri. Dengan melakukan olahraga rutin, ibu hamil akan merasa lebih percaya diri karena tetap bergerak aktif.

Manfaat terakhir dari olahraga bagi ibu hamil adalah mengembalikan energi dengan cepat setelah melahirkan. Olahraga dapat mempertahankan kekuatan dan kesehatan otot ibu hamil, sehingga setelah melahirkan ibu hamil dapat dengan mudah kembali aktif beraktivitas.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading