Sukses

Parenting

Efek Kehamilan Pada Rambut dan Kuku

Masa kehamilan tak hanya akan menimbulkan perubahan pada sistem hormon dan pada organ tubuh anda. Efek kehamilan juga akan dirasakan oleh seluruh bagian tubuh, beberapa di antaranya adalah bagian rambut dan kuku anda.

Tercantum dalam situs kidshealth.org, perubahan hormon merupakan salah satu penyebab munculnya perubahan pada rambut dan kuku. Selama masa kehamilan, anda dan para wanita yang lain akan menemukan bahwa rambut anda akan memiliki perbedaan pada tekstur dan kecepatan pertumbuhan, jika dibandingkan dengan sebelum mengandung.

Dijelaskan dalam situs ini, hormon yang dihasilkan tubuh anda akan menyebabkan rambut anda tumbuh semakin lebat dan akan berkurang kerontokannya. Kondisi ini tidak akan permanen tentunya, karena pada umumnya sebagian besar dari anda yang sedang mengandung akan kehilangan rambut dalam jumlah yang tidak sedikit setelah melahirkan atau setelah anda tidak menyusui bayi anda lagi.

Tak hanya rambut di kepala yang mengalami perubahan, situs yang sama juga menuliskan bahwa anda mungkin akan mendapati bahwa rambut akan tumbuh di tempat-tempat yang tidak umum, seperti di bagian wajah, perut, atau di sekitar puting susu.

Terkadang, rambut yang tumbuh ini juga akan berubah teksturnya menjadi lebih kering atau juga lebih berminyak. Bahkan, sering juga rambut tersebut akan berubah warnanya.

Sama seperti rambut, hormon yang berlebih dalam tubuh juga akan membuat kuku tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Meskipun, terkadang ada pula beberapa wanita yang mendapati kuku-kuku mereka lebih mudah patah selama masa kehamilan.

Penulis: Alfi Suci D

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading