Sakit Kepala Saat Hamil

Jum'at, 12 Juli 2013 06:16

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Banyak wanita yang sedang hamil mengeluh mengalami sakit kepala. Sakit kepala bisa terjadi kapan saja selama anda hamil namun seringkali sakiy kepala muncul pada trimester pertama dan ketiga.

Pada trimester pertama, perubahan hormon dan naiknya sirkulasi darah pada tubuh anda diyakini sebagai penyebab munculnya sakit kepala. Jenis sakit kepala yang dialami adalah sakit kepala berat yang diperburuk oleh stres. Seperti yang dapat dikutip dari pregnancy.org, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan sakit kepala pada saat anda hamil sebagai berikut:

1.    Kurang tidur

Wanita hamil yang memiliki jam tidur yang rendah karena belum terbiasa dengan perubahan pada tubuhnya dapat menderita sakit kepala.

2.    Rendahnya kandungan gula dalam darah

Konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah anda untuk menghindari sakit kepala.

3.    Dehidrasi

Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan bisa menjadi penyebab sakit kepala yang anda derita, usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

4.    Kafein

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sangat beresiko bagi wanita hamil. Selain bisa menyumbat darah yang mengallir ke plasenta, kafein juga dapat menimbulkan sakit kepala.

5.    Stres

Kebanyakan wanita hamil mengalami stres karena terlalu banyak perubahan yang dialami oleh tubuh mereka. Stres yang diderita bisa berujung pada sakit kepala. Sebisa mungkin anda melakukan beberapa aktivitas yang dapat mengurangi stres anda. Karena ini juga dapat mempengaruhi tekanan darah anda dan janin yang anda kandung.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.