Sukses

Parenting

Mengenal Ultrasound Scan Untuk Ibu Hamil (I)

Apakah ultrasound scan itu?

Ultrasound scan adalah salah satu jenis pemeriksaan kondisi janin di rahim melalui gelombang suara. Cara kerjanya adalah ultrasound scan mengirim gelombang suara berfrekuensi tinggi melalui rahim ibu hamil. Lalu gelombang suara tersebut memantul pada janin sebagai gema. Gema tersebut berubah menjadi gambar yang menunjukkan posisi bayi ladies.

Seperti yang dikutip dari babycentre.co.uk, pada layar, jaringan-jaringan tubuh bayi yang keras seperti tulang akan tampak berwarna putih. Sedangkan jaringan-jaringan tubuh bayi yang lunak akan berwarna abu-abu. Sementara itu, cairan ketuban akan terlihat berwarna hitam.

Ultrasound scan yang ladies lakukan untuk pertama kalinya di awal usia kehamilan nantinya alan digunakan untuk memastikan apakah janin yang berada di dalam perut ladies tumbuh dengan baik, belum untuk mengetahui jenis kelamin bayi ladies.

Apakah ultrasound scan aman?

Ultrasound scan aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ultrasound scan tidak berbahaya dan tidak memberi efek samping yang buruk seperti bayi lahir dengan bobot abnormal, kanker pada bayi, maupun disleksia.

Namun, banyak juga ahli yang mengatakan bahwa ultrasound scan hanya boleh dilakukan apabila ibu hamil memiliki alasan medis yang jelas.

Haruskah ladies melakukan ultrasound scan?

Hal ini tergantung dari ibu hamil sendiri. Kebanyakan ibu hamil tidak perlu melakukan ultrasound scan apabila mereka tidak memiliki masalah atau gangguan kesehatan yang mengancam. Untuk lebih meyakinkan hal tersebut, ladies bisa bertanya pada bidan atau dokter.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading