Sukses

Parenting

Kehamilan Minggu Ke-4

Ladies, pada minggu keempat uterus Anda telah memproduksi jaringan tebal di dinding, yang berguna sebagai tempat menempel janin Anda. Berikut adalah hal-hal yang terjadi pada minggu keempat kehamilan, dikutip dari parenting.com.

Pada minggu ini, sel telur mulai terpisah. Satu bagian tumbuh menjadi janin, dan bagian lainnya menempel pada dinding uterus dan menjadi plasenta.

Kemudian, tubuh Anda memproduksi hormon estrogen dan progresteron dalam jumlah yang lebih banyak karena uterus Anda melindungi janin tersebut. Tidak hanya itu, tubuh Anda juga memproduksi human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang membuat tespack Anda memiliki dua garis.

Pada minggu ini, Anda akan melewatkan menstruasi pertama setelah kehamilan. Atau, Anda hanya akan menemukan bercak darah saja. Tidak ada banyak perubahan pada tubuh Anda, tetapi Anda akan sering merasa kelelahan.

Anda mungkin akan merasakan payudara Anda tegang, namun lebih lembut. Mungkin juga Anda merasa sakit pada bagia punggung, kram, emosi naik turun, dan mudah tersinggung—sama seperti premenstruasi. Hanya saja, kali ini Anda tidak datang bulan.

Apabila testpack Anda menunjukkan dua garis pink, maka segeralah untuk membuat janji dengan dokter kandungan Anda. Pada kontrol pertama, Anda akan mendapatkan pemeriksaan USG. Jangan lupa untuk meminta suplemen folat juga.

Ladies, pada kehamilan minggu keempat ini juga adalah saat untuk bermanja-manja dengan pasangan Anda, sebelum Anda hamil besar dan mulai mempersiapkan banyak hal. Selamat untuk Anda.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading