Sukses

Parenting

Ibu Hamil Flu, Hati-Hati Bayi Menderita Bipolar Disorder

Terkena influenza bisa mengganggu aktifitas sehari-hari sampai membuat tubuh lemas. Flu ini tidak bisa diremehkan lho, apalagi jika terkena flu saat hamil. Kenapa? Karena bayi yang dikandungnya bisa menderita Bipolar Disorder. Mau tahu lebih lanjut?

Seperti yang dilansir medicalnewstoday.com, telah ada penelitian yang menemukan hubungan bahwa flu yang menyerang ibu hamil bisa meningkatkan resiko anaknya terkena schizophrenia, suatu penyakit mental yang menyerang otak.

Dan, sekarang para ahli mempertanyakan apakah ada keterkaitan antara influenza dan bipolar disorder (BP). Sebenarnya apa sih bipolar disorder itu? Bipolar disorder adalah penyakit psikologis yang ditandai dengan perubahan mood ekstrim yang berupa kebahagiaan dan kesedihan.

Peneliti menggunakan data dari Child Health and Development Study (CHDS) tentang penanganan flu saat hamil dan kasus bipolar disorder pada sekumpulan orang yang telah teridentifikasi oleh kelompok-kelompok peneliti dan dari data yang dimiliki oleh rumah sakit di beberapa kota.

Selain itu hasil survey lewat surat, wawancara, dan data dari laporan terbaru dari psikiatri sebelumnya tentang kelahiran anak juga digunakan untuk mengkonfirmasi tentang diagnosa bipolar disorder itu.

Dari 214 partisipan, ada 92 kasus BP yang teridentifikasi. JAMA Psychiatry menunjukkan hasil penelitiannya bahwa ibu hamil yang terkena flu saat hamil beresiko 4 kali lipat memiliki anak yang menderita bipolar disorder.

Jadi untuk mencegah ibu hamil terkena flu, sebaiknya konsumsi vitamin C yang cukup ya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading