Gatal Saat Hamil? Apakah Berbahaya?

Kamis, 11 Juli 2013 14:27

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Anda pernah merasakan gatal saat hamil tua? Atau sekarang Anda sedang mengalaminya? Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman, terlebih lagi jika ini kali pertama Anda hamil. Lalu, penyakit apakah ini? Berbahayakah?

Menurut informasi yang dilansir mayoclinic.com, gatal-gatal ini disebut kolestasis kehamilan. Kolestasis kehamilan terjadi pada akhir kehamilan yang memicu rasa gatal, biasanya pada tangan dan kaki tapi kadang juga pada bagian lain dari tubuh. Kolestasis kehamilan memang tidak memiliki risiko jangka panjang untuk Anda, namun bisa berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang.

Lalu, apa penyebab kolestasis kehamilan ini? Kolestasis kehamilan disebabkan oleh pengaruh hormon kehamilan yang mampu memperlambat atau bahkan menghentikan aliran cairan empedu. Cairan yang berlebih ini akhirnya memasuki aliran darah. Hal inilah yang dimaksud dengan kolestasis.

Gejala-gejala kolestasis kehamilan antara lain badan terasa gatal, urin berwarna gelap, feses atau kotoran berwarna terang, dan mata atau kulit menguning. Sering kali rasa gatal yang biasanya terasa pada telapak tangan dan kaki menjadi satu-satunya gejala kolestasis.

Gatal dapat menjadi lebih parah dan tak tertahankan di malam hari, bahkan membuat Anda susah tidur. Karena kolestasis dapat membahayakan janin Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter jika gejala dan tanda-tanda kolestasis mulai muncul.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - KEHAMILAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.