Sukses

Parenting

Apa Saja yang Menyebabkan Kehamilan Prematur?

Banyak wanita mengalami masa kehamilan yang lebih pendek dari biasanya atau disebut dengan kehamilan prematur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan kehamilan prematur seperti yang dilansir oleh pregnancy.org.

    

Faktor pertama adalah narkoba dan obat-obatan. Jika anda adalah tipe wanita yang senang melupakan masalah atau sekedar bersenang-senang dengan merokok ganja atau mengkonsumsi narkoba, anda mungkin harus memikirkannya lagi jika anda ingin memiliki anak yang sehat.

    

Konsumsi ganja dan narkoba sebelum kehamilan akan meningkatkan resiko seorang wanita akan melahirkan secara prematur atau lebih awal dari seharusnya. Merokok ganja akan meningkatkan resiko untuk kelahiran prematur dari rata-rata 7 atau 8% menjadi antara 15 dan 20%. Selain kehamilan prematur, ibu yang merokok sebelum atau ketika hamil akan meningkatkan resiko bayi yang lahir dengan berbagai penyakit seperti asma dan sistem imun yang lemah.

    

Selain konsumsi obat-obatan dan narkoba, sejarah keluarga yang memiliki kehamilan prematur juga bisa meningkatkan resiko hampir enam kali lipat.  Jika anda sedang hamil dan memiliki ibu yang menderita diabetes, ada kemungkinan anda akan mengalami kehamilan prematur.

    

Kelahiran prematur dapat menyebabkan bayi anda lemah dan memiliki berat badan yang kurang dari rata-rata dikarenakan ia lahir sebelum waktunya. Namun, anda tidak usah khawatir karena para ahli dan dokter terus melakukan penelitian dan telah menemukan berbagai prosedur baru untuk memprediksi kehamilan prematur dan menyelamatkan si bayi.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading