Sukses

Parenting

Agar Tidak Keguguran di Trisemester Pertama

Kehamilan adalah salah satu anugerah terbesar yang diberikan kepada wanita. Mengandung 9 bulan 10 hari cukup membuat wanita mengalami rasa sakit, lelah, naik turunnya mood, namun juga bercampur dengan bahagia.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kehamilan bisa mencapai usia 9 bulan 10 hari. Ada kehamilan yang karena tidak dijaga akhirnya gagal dan malah keguguran. Keguguran tersebut dapat disebabkan berbagai macam hal, namun stres dan gaya hidup tak sehat adalah penyebab utamanya.

Agar terhindar dari keguguran di trisemester pertama, Anda perlu lebih berhati-hati dan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Jangan makan keju

Keju adalah makanan yang sangat berbahaya bagi kehamilan trisemester pertama. Keju dapat menyebabkan keracunan yang kemudian disertai dengan keguguran spontan. Untuk menghindari keguguran, lebih baik hindari makanan yang mengandung keju.

Perjalanan jauh

Disarankan agar mereka yang sedang hamil trisemester pertama agar tidak melakukan perjalanan jauh dan melelahkan. Pada bulan ini, rahim sedang dalam kondisi yang lemah dan belum kuat. Dikhawatirkan perjalanan yang jauh serta banyaknya goncangan dapat membuat si ibu keguguran. Dan disarankan pula agar bumil tidak mengendarai kendaraan roda dua. Goncangan yang cukup keras dapat memicu keguguran.

Makanan yang diawetkan

Akan lebih aman bila bumil trisemester pertama menghindari semua makanan yang diawetkan. Bahan pengawet di dalam makanan sangat berbahaya bagi janin dan dapat menyebabkan keguguran. Apa saja sih makanan yang mengandung pengawet?

Jus kalengan, minuman dalam kotak tetra pack, makanan beku, makanan kaleng, sosis, daging kalengan, dan lain sebagainya.

Terlalu banyak kafein

Kafein juga berbahaya dan dapat mengancam kandungan di kehamilan trisemester pertama. Untuk itu, apabila Anda adalah penggemar kopi, baiknya mengurangi dosis kafein yang diasup.

Dikutip dari boldsky, kafein yang boleh dikonsumsi wanita hamil adalah sekitar 100 gram, atau 1 bungkus kopi instant per hari.

Stres

Nah, stres adalah biang segala penyakit yang membahayakan jiwa. Siapapun akan terancam kesehatannya apabila sedang stres. Termasuk ibu hamil trisemester pertama, yang apabila terlalu stres dapat mengalami kontraksi hebat sampai keguguran.

Agar tidak stres, lakukan kegiatan positif yang membuat rileks seperti olahraga ringan, mendengarkan musik, atau membaca. [initial]

BACA JUGA:

Perubahan Tubuh Yang Terjadi Saat Sedang Hamil

Gejala-Gejala Yang Dirasakan Saat Ketuban Pecah

5 Cerita Unik Mengabarkan Kehamilan Pada Dunia

Tips Atasi Mual Ibu Hamil

7 Seleb Yang Saat Ini Sedang Hamil

Seks di Pagi Hari Perbesar Peluang Kehamilan

Mimpi Hamil Artinya Apa?

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading